Mohon tunggu...
Hery Supriyanto
Hery Supriyanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Warga net

Liberté, égalité, fraternité ││Sapere aude ││ Iqro' bismirobbikalladzi kholaq ││www.herysupri.com

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Pilihan

Festival Kreatif Lokal 2022 Nobatkan Desa Sanankerto sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara

27 September 2022   17:14 Diperbarui: 3 Oktober 2022   12:39 2086 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembukaan FKL 2020. Dokumen Pribadi

Desa Sanankerto Kecamatan Turen Kabupaten Malang hari ini, Sabtu (24/09/22) menjadi hari istimewa. Hal ini disebabkan adanya "gelar" baru bagi desa yang ikonnya Boon Pring tersebut, telah resmi menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara.

Desa Sanankerto Menjadi Destinasi Ke-2 Jelajah Desa Wisata Ramah Berkendara Adira Finance Peresmian Landmark Desa dan Festival Pasar Rakyat sebagai Rangkaian Festival Kreatif Lokal 2022.                                               

Festival ini merupakan bagian program CSR tahunan Adira Finance yang bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif. Yang diharapkan nantinya dapat mendorong kemajuan perekonomian Indonesia.

Komunitas Motor datang touring dari Taman Dayu, Pandaan. Dokumentasi Pribadi
Komunitas Motor datang touring dari Taman Dayu, Pandaan. Dokumentasi Pribadi
Seremoni acara peresmian landmark desa yang bertempat di Boon Pring tersebut berlangsung meriah. Panggung terbuka yang dihadiri para pemangku kepentingan dari pemerintah, pihak swasta, komunitas motor, karyawan Adira Finance, serta masyarakat umum.

Di samping itu sebagai program pemberdayaan, juga menggandeng para pelaku UKM dari warga sekitar untuk memamerkan produknya. Acara semakin meriah dengan ditampilkan hiburan (tari dan musik) serta games bagi para pengunjung.

Acara peresmian Landmark Desa Wisata Ramah Berkendara ditandai dengan pemukulan gong oleh  Swandajani Gunadi, Direktur Marketing Adira Finance. Didampingi pula oleh Kepala Desa H Subur, Ketua Pokdarwis serta para jajarannya.


Sebagai rangkaian dari festival, Jelajah Desa Wisata ditandai kehadiran komunitas berkendara SAJUMA yang melakukan touring dari titik awal Taman Dayu Pandaan menuju Desa Sanankerto. Ada sekitar 75 peserta touring yang hadir, yang anggota komunitas dari berbagai kota seperti Surabaya, Sidoarjo, serta Mojokerto.

Swandajani Gunadi menjelaskan bahwa Adira Finance mengajak sahabat dari komunitas motor untuk touring bersama sekaligus merasakan pengalaman liburan yang unik di Desa Wisata Sanankerto.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin memperkenalkan Sanankerto sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang ramah bagi pecinta otomotif, sekaligus memberikannya predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara," jelas Swandayani.

Pelaksanaan touring tersebut berlangsung lancar tanpa kendala berarti menuju lokasi. Hal ini membuktikan bahwa infrastruktur jalanan sudah siap demi kelancaran para pengunjung.  Selain itu dalam touring atau berkendara ke desa wisata bertujuan membantu mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Desa Sanankerto.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan