Mohon tunggu...
Hery Supriyanto
Hery Supriyanto Mohon Tunggu... Warga net

Liberté, égalité, fraternité ││Sapere aude ││ Iqro' bismirobbikalladzi kholaq ││www.herysupri.com

Selanjutnya

Tutup

Wisata Artikel Utama

Pesona Wisata Malam di Malang Night Paradise yang Baru Dibuka

23 Juni 2017   09:05 Diperbarui: 23 Juni 2017   10:41 0 1 2 Mohon Tunggu...
Pesona Wisata Malam di Malang Night Paradise yang Baru Dibuka
Pintu gerbang memasuki MNP. Dok pribadi

Berwisata malam hari di kota besar –sepertinya- bukanlah hal yang asing lagi bagi warganya. Beberapa tempat bisa menjadi tempat hiburan, baik itu ruang publik sampai pada area komersial. Pergi ke mal besar pada malam hari bisa menjadi wisata hiburan tersendiri apalagi tersedia area permainan baik itu untuk dewasa dan anak anak. Hiburan malam yang sifatnya eksklusif juga ada, sepertin bar ataupun diskotik yang dikhususkan bagi kalangan “berduit”.

Kota Malang dan sekitarnya (kabupaten Malang dan Kota Batu) sudah tidak asing lagi sebagai kawasan destinasi wisata. Aneka ragam tempat wisata yang mengandalkan keindahan alam dan buatan beterbaran di berbagai tempat. Untuk tempat wisata sekaligus rekreasi yang buka pada malam hari boleh dibilang jumlahnya masih sedikit. Setidaknya di Kota Batu sudah tersedia dengan Batu Night Spectacular (BNS) yang berisi beberapa wahana yang menghibur. 

Air mancur yang bergerak dinamis dipadu dengan aneka warna-warni lampu. Dok pribadi
Air mancur yang bergerak dinamis dipadu dengan aneka warna-warni lampu. Dok pribadi
Lampion bunga raksasa dan pohon berhias lampu yang menerangi gelapnya malam. Dok pribadi
Lampion bunga raksasa dan pohon berhias lampu yang menerangi gelapnya malam. Dok pribadi
Lampion aneka tema yang menghiasi taman. Dok pribadi
Lampion aneka tema yang menghiasi taman. Dok pribadi
Seakan tidak mau kalah dengan tetangganya, Kota Malang telah hadir wisata baru yang khusus buka pada malam hari yang di beri nama Malang Night Paradise (MNP). Peluncurannya pada hari Senin (19/06) lalu, yang saya berkesempatan menghadirinya beserta rekan-rekan dari Malang Citizen (MC). MNP sendiri merupakan pengembangan dan perluasan dari wahana yang sudah ada, Hawaii Waterpark Malang(HWM). Seakan pengembang ingin memeriahkan sepanjang hari dengan hiburan di kawasannya, HWM buka dari pagi sampai sore sedangkan MNP dari sore sampai malam (17.00-23.00).

Untuk lokasinya sendiri berada pada kawasan perumahan Graha Kencana Raya, letaknya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Singosari Kabupaten Malang dan Kecamatan Blimbing Kota Malang di sebelah utara. Jika dilihat di google map akan terlihat HWM berada di Singosari sedangkan MNP berada di Kota Malang yang jaraknya hanya selemparan batu. Maka tidak heran ada kerancuan letak MNP ini berada di Singosari atau Kota Malang yang memang letaknya pas diperbatasan.

Terowongan yang dihiasi lampu warna-warni yang berkedip dan bergerak dinamis. Dok pribadi
Terowongan yang dihiasi lampu warna-warni yang berkedip dan bergerak dinamis. Dok pribadi
Karena disebut wisata malam tentunya gelapnya malam adalah waktu yang ditunggu. Bisa ditebak bahwa sinar warna-warni lampu akan menjadi andalannya karena disaat gelap itulah akan kelihatan indah dan seru. Setidaknya ada dua tema yang menjadi andalan MNP ini, yaitu Taman Lampion dan Taman Dinosaurus. Kita akan disuguhkan beberapa lampion dengan berbagai tema yang dihiasi lampu berwarna-warni. Dan tidak dipungkiri bahwa MNP ini yang dijelaskan Andi Prasetya Operational Manager mengadopsi wahana dari luar, yaitu Dubai Garden Glow.

Yang menjadi unik adalah beberapa lampion tersebut yang bisa bergerak. Bunga raksasa yang bergerak tutup–buka ataupun lampion merak yang berputar secara horizontal. Beberapa lampion yang cukup menarik diantaranya tema panda, angsa, aneka bunga, jamur raksasa, kincir angin, bangunan Colosseum. Warna-warni lampu juga menghiasi pohon sistetis serta air mancur yang bergerak naik-turun dipadu dengan sorotan lampu yang berubah-ubah warnanya. Terdapat pula lighting tunnel yang ditata dengan tata lampu yang menyala dinamis dan berkedip ditambah efek musik yang menggebu.

Replika pada saat gerakan tampak garang. Dok pribadi
Replika pada saat gerakan tampak garang. Dok pribadi
Sebagai wahana edukasi, tersedia keterangan replika yang dimaksud. Dok pribadi
Sebagai wahana edukasi, tersedia keterangan replika yang dimaksud. Dok pribadi
Yang menarik adalah adanya Taman Dinosaurus. Taman ini cukup unik yang menggabungkan sisi rekreasi dan edukasi. Beberapa jenis Dinosaurus ditampilkan disini yang biasanya dapat kita lihat di buku ataupun film. Replika yang dihadirkan dengan kesan “hidup”, dengan teknologi robotik replika tersebut bisa bergerak dan bersuara.

Dan beberapa replika dinosaurus lainnya bisa dipakai untuk permainan, yaitu bisa dinaiki oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Cukup memasukkan koin seharga 5 ribu pada kotak yang disediakan, maka replika itu akan bergerak. Beberapa lagi ada replika yang disertai telur raksasa yang bisa dimasuki orang, yang memang sengaja dipakai untuk berfoto.

Beberapa replika dapat difungsikan sebagai permainan. Dok pribadi
Beberapa replika dapat difungsikan sebagai permainan. Dok pribadi
Luas dengan takaran yang pas

Area MNP ini tidak lerlalu sempit dan luas, jika dikira-kira kurang lebih dua pertiga ukuran lapangan sepak bola. Jarak antara lampion juga tidak begitu jauh sehingga kita dapat berpuas diri jika mengabadikannya. Dengan estimasi tenaga dan waktu cukup kiranya menikmati MNP dengan segala fasilitasnya dirasa cukup puas. Jika diibaratkan seperti makan di resto dengan porsi yang pas walaupun harga agak mahal, bukan dengan porsi warteg walaupun harga terjangkau.

Fasilitas penunjang lainnya cukup lengkap seperti lahan parkir yang luas, food court, toilet, serta mushola pun tersedia, dan disediakan wifi gratis jika memang ingin menge-sharehasil bidikan foto untuk dibagikan di media sosial. Sebagai tambahan ada wahana Twister Robotic  yaitu permainan virtual reality (VR) dengan pengalaman seolah menaiki roller coaster. Setidaknya ada lima jenis pilihan yang disesuaikan dengan usia dan tingkat keekstremannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN