Mohon tunggu...
Hervin Fahri
Hervin Fahri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga | 20107030144

Sedang belajar untuk membuat tulisan yang bermanfaat. Jika terdapat kritik atau saran tentang tulisan saya silahkan disampaikan pada kolom komentar. Anda bisa memberi rating pada tulisan saya jika Anda menyukainya. Enjoy the content :)

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Mencuci Sepatu ala Laundry? Di Rumah Juga Bisa

30 Juni 2021   07:30 Diperbarui: 30 Juni 2021   07:38 135 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencuci Sepatu ala Laundry? Di Rumah Juga Bisa
Photo by Hermes Rivera on Unsplash

Saat ini cuaca seringkali tidak menentu. Meskipun seharusnya musim penghujan sudah lewat tapi tidak jarang hujan turun beberapa kali dalam seminggu terakhir. Bahkan, ketika siang hari dengan panas matahari yang sangat terik, bisa jadi hujan tiba-tiba turun ketika sore atau malam harinya.

Kondisi tersebut seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari karena hujan bisa datang di waktu tidak tepat. Selain itu, hujan bisa menjadi hal merepotkan jika datang pada saat tak terduga. Kurangnya persiapan menghadapi hujan bisa membuat harimu berantakan.

Berbagai masalah yang sering ditemui adalah seperti jemuran yang kehujanan, cucian tak kunjung kering, serta sepatu yang kotor karena genangan air setelah hujan. Hal tersebut sangat menyebalkan bukan?

Salah satu permasalahan yang paling merepotkan adalah sepatu yang kotor di saat cuaca tak menentu. Lembabnya udara ketika musim hujan menjadikan waktu pengeringan sepatu lebih lama. Padahal mengeringkan sepatu saat matahari sangat terik saja belum tentu kering setelah seharian dijemur. Hal tersebut dikarenakan banyaknya air yang terjebak di sela-sela bahan sepatumu. Selain itu, hujan yang bisa tiba-tiba datang semakin membuat sepatumu tak kunjung kering.

Namun, kondisi tersebut terjadi jika cara kalian mencuci sepatu layaknya mencuci pakaian biasa. Jika kalian selama ini mencuci sepatu dengan cara direndam dan di jemur di bawah terik matahari yang panas, maka segera hentikan hal itu. Bisa-bisa bukannya bersih justru sepatu kesayanganmu akan menjadi rusak.

Beberapa dari kalian mungkin berpikir jika terdapat mesin cuci serta mesin pengering untuk menghindari efek tersebut. Tetap saja, penggunaan mesin cuci biasa untuk mencuci sepatu menggunakan banyak air dan hal tersebut dapat membuat bahan perekat pada sepatu menjadi rusak. Selain itu, penggunaan mesin cuci biasa memang tidak dianjurkan untuk mencuci sepatu karena prosesnya yang mengandalkan putaran dan bantingan bisa merusak sepatumu.

Cara terbaik untuk mencuci sepatu kalian agar tidak rusak serta bersih memang paling mudah menyerahkannya pada jasa laudry sepatu. Namun, biaya yang harus dibayar cukup mahal serta setidaknya baru bisa diambil setelah 2 hari kerja karena banyaknya antrean. Tapi coba bayangkan jika kalian bisa mengerjakannya sendiri di rumah. Kalian bisa menghemat uang serta hanya butuh waktu 1 hari meskipun di luar sedang hujan. Bagaimana caranya? Tetap simak artikel ini untuk mengetahuinya.

Beberapa tempat yang membuka jasa laundry sepatu menggunakan mesin khusus dalam proses pengerjaannya. Akan tetapi, sangatlah disayangkan jika kalian harus membeli alat tersebut hanya untuk mencuci sepatu kalian di rumah. Selain harganya yang mahal, biasanya alat tersebut memakan daya listrik yang tinggi. Tapi tenang, artikel ini akan berbagi trik untuk mencuci sepatu ala laundry sepatu dan tentunya tanpa perlu membeli mesin yang mahal.

Berikut adalah cara mencuci sepatu di rumah ala jasa laundry

Siapkan alat dan bahan

Sebelum mencuci sepatu kesayangmu kalian perlu untuk menyiapkan beberapa bahan serta alatnya. Alat yang kalian butuhkan ialah sikat, cleaner khusus sepatu, serta lap microfiber. Selain itu, dianjurkan juga untuk memakai sarung tangan lateks ketika melakukan proses pencucian.

Siapkan 2 jenis sikat untuk proses pembersihan noda. Pertama, sikat dengan bulu sikat yang halus. Sikat tersebut akan digunakan untuk menggosok bagian upper sepatu. Kalian bisa menggunakan sikat gigi bertekstur kaku untuk sepatu biasa serta gunakan sikat gigi yang bulu sikatnya lebih halus untuk sepatu berbahan dasar suede.

Jenis sikat yang kedua adalah jenis sikat dengan bulu sikat kasar. Sikat jenis ini nantinya akan kalian gunakan untuk membersihkan bagian rubber pada sepatu. Bagian tersebut adalah bahan karet untuk outsole serta midsole sepatu. Kalian dapat menggunakan jenis sikat yang biasa kalian gunakan untuk mencuci pakaian,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN