Mohon tunggu...
heruwidy
heruwidy Mohon Tunggu... Kompasianer

Ikatlah ilmu dengan tulisan” “Qoyyidul ‘ilma bilkitabi”. (HR. Thabrani dan Hakim). “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya” (Ali bin Abi Thalib)

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan

Tips Istiqomah dalam Beramal

24 Juli 2019   19:39 Diperbarui: 24 Juli 2019   23:14 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tips Istiqomah dalam Beramal
Tauziyah oleh Ust Nawawi, 23 Juli 2019

MENSYUKURI NIKMAT

Penceramah : Ustad Nawawi

Kediri, Rabu 23 Juli 2019

Bagaimana cara  mensyukuri nikmat Allah yaitu dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya, menggunakan nikmat sesuai dengan peruntukannya,  untuk apa nikmat itu diciptakan untuk itu pula nikmat kita pergunakan.Seperti halnya manusia diciptakan tujuannya adalah untuk beribadah kepada Allah. bagaimana cara kita mensyukuri nikmat yang sudah diberikan yaitu dengan beribadah dan niatkan setiap perbuatan yang dilakukan  untuk beribadah hanya kepada  Allah SWT maka niatkan untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam kaitan  beribadah tidak harus dalam bentuk sholat, kita bekerja pun juga termasuk ibadah maka niatkan  motivasikan,   ekpresikan semua ini sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Dalam beribadah harus tahu:

1. Syarat  beribadah, ada 2  cara untuk mengetahui, yaitu niat kita beribadah hanya karena Allah dan cara mengerjakannya.

2. Bagaimana supaya tahu ibadah kita di terima Allah.

Salah satu caranya dengan melihat ibadah ibadah yang dilakukan  pada bulan ramadhan (ada sholat, puasa, sodaqoh dst).

Setelah selesai puasa ramadan apakah kita mau melakukan puasa setelah Ramadhan.

Nabi bersabda :  Sesungguhnya kita kembali melakukan puasanya romadhan itu sebagai tanda atas di terimanya puasa kita.  Maka  di bulan Syawal (6hr) Nabi memberikan contoh untuk berpuasa setelah bulan ramadhan. Ada ulama berpendapat Puasa Sunnah yang bisa di qodlo di hari lain adalah puasa Syawal.   Siapa yang berpuasa d bula  ramadhan dan puasa Syawal maka puasanya sama spt 1 thn (30 hr + 6) x 10 bln  = 360 hr.

3. Istiqomah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2