Mohon tunggu...
Heru Riswan
Heru Riswan Mohon Tunggu... just a simple with complicated dream

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film Guru-guru Gokil, Film Indonesia Yang Tayang di 190 Negara

23 Agustus 2020   01:25 Diperbarui: 23 Agustus 2020   16:59 159 3 0 Mohon Tunggu...

Mengambil momen kemerdekaan indonesia di tengah pandemi seperti saat ini sebuah film indonesia tayang di tanggal 17 agustus 2020.  Satu-satunya film yang rilis di tengah pandemi dan kita tahu semenjak pandemi corona dan bisokop di tutup belum ada film indonesia yang rilis, sebagian film-film indonesia yang seharusnya rilis di bulan maret di undur sampai batas waktu yang belum di tentukan seperti film KKN di Desa Penari yang sangat di tunggu.  Film Guru-Guru Gokil menjadi film perdana yang mengawali kebangkitan film indonesia di masa pandemi corona,  film yang di produseri oleh Dian sastro Wardoyo dan di sutradarai oleh Summaria Simajuntak dengan pemeran utama nya Gading Martin, Faradina Mufti, Kevin Ardilva dan juga Dian Sastro sendiri. 

IMDb
IMDb
Film Guru-guru Gokil sendiri bercerita mengenai Taat Pribadi (Gading Marten) seorang pria yang berambisi menjadi sukses, dia meninggalkan ayahnya dan pergi dari kampung nya menuju kota untuk menjadi seorang yang berhasil.  Segala profesi dia tekuni untuk bisa hidup di kopta, suatu saat dia harus pulang kampung karna kehabisa uang.  Di kampung dia menemui sebuah agen penyalur kerja yang menawari nya untuk pergi bekerja di sebuah kapal pesiar, karena keterbatasan modal taat akhir nya bekerja sebagai guru pengganti di sebuah sekolah SMA di kampung nya.  Disini lah dia bertemu dengan seorang guru yang tegas dan galak bernama ibu  Rahayu (Faradina Mufti).  Konflik terjadi ketika uang gajian dan pensiunan bapak nya di rampok di sekolah.  Bersama guru-guru lainya yang memiliki karakter unik seperti Pak Purnama (Arswendy Bening Swara), Pak Manul (Bokir Boris), Pak Gagah (Ibnu Jamil), Ibu Indah (Asri Welas) dan Ibu Nirmala (Dian Sastro) berusaha merampas kembali uang tersebut dari rampok tersebut.  Berhasilkah mereka? Langsung tonton di Netflix dan sudah di tayangkan di 190 Negara dengan 17 Substitle dengan judul internasional Crazy Awesome Teacher.

Secara alur cerita, film ini memiliki potensi keberhasilan yang bagus, namun bagi saya pengembangan cerita yang kurang membuat film ini terlihat biasa saja, meski film ini membuat plot twist di bagian akhir film.  Awalnya saya rasa film ini akan lebih banyak problematika guru-guru ketika proses belajar mengajar dan bagaimana kocak nya guru-guru di film ini namun nyatanya ekspektasi saya terlalu berlebihan.  Pemilihan karakter disini cukup baik, gading marten juga berpotensi menciptakan film ini lucu dan saya rasa cukup baik memerankan karakter Taat Pribadi disini, Akting Pak Manul juga saya sangat suka sekali, Asri Welas juga lucu di film ini, dan terakhir akting Dian Sastro sangat baik dengan penampilan yang cukup menarik,  tata rias Dian di film ini mendapat pujian seperti jerawat yang terlihat sangat nyata.  Pemilihan setting tempat disini saya cukup suka, dimana vibes dari suasana perkampungan cukup terasa disini, landscape sawah juga cukup mendukung.  Apalagi ketika adegan Gading Marten naik mobil pick up bersama domba disitu pemandangan nya cukup saya suka. Yang mengganjal dari saya sendiri dari film ini ada relevansi adegan di film ini.  Latar waktu di film ini setahu saya tidak di sebutkan di tahun berapa, tapi banyak adegan ketika pemain sedang berada di rumah disitu listrik belum ada seperti adegan Gading yang berbuka puasa di rumah Ibu Rahayu disana tidak ada listrik sedangkan di satu adegan lain terlihat ibu rahayu menggunakan komputer di sekolah.  Hal ini menjadi pertanyaan sendiri buat saya.  Yang paling saya suka adalah pemilihan soundtrack, seperti lagu Naif yang berjudul uang yang menjadi salah satu soundtrack dari 4 soundtrack di film ini yang menambah ciamik film ini.  Di IMDb sendiri film Guru-guru Gokil mendapat nilai 6.4/10

IMDb
IMDb
Secara keseleruhan film ini dapat menjadi tontonan keluarga yang cukup menghibur disaat pandemi corona saat ini.  Film Furu-guru Gokil menjadi film ke dua yang menjadi original film netflix setelah Night Come From Us yang di bintangi oleh Joe Taslim dan Iko Uwais dan menjadi film pertama yang di produseri oleh Dian Sastro.  Dengan rating 13+ cukup aman di tonton bagi remaja, karena memang sangat ringan untuk di saksikan. so buat kamu yang belum nonton, bisa langsung nonton di platform netflix.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x