Mohon tunggu...
Heru Riswan
Heru Riswan Mohon Tunggu... just a simple with complicated dream

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kopi Kerinci dengan Rasa Rempah yang Enak

16 Maret 2019   22:48 Diperbarui: 16 Maret 2019   23:01 0 2 0 Mohon Tunggu...
Kopi Kerinci dengan Rasa Rempah yang Enak
barawanews.com

Saatnya kembali kita untuk menelusuri keanekaragaman kekayaan kopi nusantara dimana kopi Indonesia merupakan salah satu kopi terbaik yang pernah di miliki oleh dunia.

Sebelumnya kita sudah membahas kopi bali kintamani yang tentu saja enak dan diakui kelezatan kopi ini, kali ini saatnya kita membahas salah satu kopi specialty yang telah banyak menjadi juara di ajang kopi internasional namun belum banyak di kenal oleh kebanyakan orang. 

Kopi ini berasa dari kepulauan riau dengan rasa yang memiliki ciri khas rempah yang menonjol dan menjadi favorit banyak para pecinta kopi specialty nusantara.

Kopi ini adalah kopi kerinci yang menjadi salah satu single origin yang membawa Indonesia sebagai Negara penghasil kopi berkualitas di dunia.

radarjambi.com
radarjambi.com
Kopi kerinci adalah kopi yang memiliki grade terbaik untuk kategori sertifikasi specialty coffee dengan nilai 86.25, maka tak heran jika kopi kerinci ini di nobatkan sebagai kopi terbaik di Indonesia dan di event kopi international yang di adakan di budhapest tahun lalu.  Kopi kerinci diolah secara baik oleh para petani kopi di wilayah pegunungan kerinci tepatnya di wilayah kecamatan kayu aro, kabupaten kerinci di provinsi jambi.

Dengan iklim yang baik dan tingkat ketinggian daratan yang cukup menjadikan kopi ini memiliki kualitas yang baik karena kopi kerinci arabika akan tumbuh subur di ketinggian 1500 mdpl.  Karena iklim dan ketinggian daratan yang mendukung pada masa kolonial belada daerah kerinci di jadikan sebuah daerah penghasil komoditi kopi dan sayuran sekitar tahun1904.

Kopi kerinci memiliki cita rasa yang fruty diantaranya adalah lemony dan cocoa, long after taste, high acidity dan full body.  Jadi bagi para penikmat kopi specialty sangat di rekomendasikan untuk mencoba kopi kerinci ini.  Seperti karakter kopi Sumatra lainnya, kopi kerinci mendevelop body yang full menjadikan kopi kerinci ini terkesan lebih strong.

Selain itu kopi ini pun memiliki rasa lemony dan sedikit lebih citruss, rasa cocoa pun menjadi alternatif rasa dari kopi ini.

Sebetulnya tak mengherankan jika kopi ini memiliki rasa cocoa, karena memang kopi-kopi di kepulauan Sumatra memiliki ke khas an cita rasa cocoa seperti pada rasa di kopi blue batak yang telah kita bahas sebelumnya.

Yang unik pada kopi ini adalah rasa spices atau rempah yang terasa saat kita mecoba kopi ini, rasa rempah cukup dominan di akhir dan awal saat kita menyeruput kopi ini.

Rasa rempah menjadi  keunikan tersendiri kopi kerinci ini karena faktor penanaman kopi kerinci ini yang merupakan daerah dengan tanah vulkanik.  Dan tentunya kopi kerinci ini lebih cocok untuk di nikmati dengan metode penyeduhan manual ya untuk mengeluarkan rasa asli dari kopi kerinci ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x