Mohon tunggu...
Heru Riswan
Heru Riswan Mohon Tunggu... just a simple with complicated dream

orang yang akan pergi bersama angin,,calon seorang sosiolog. mantan barista

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Kopi Kintamani, Kopi Nikmat di Pulau Dewata

13 Maret 2019   06:23 Diperbarui: 13 Maret 2019   06:28 155 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kopi Kintamani, Kopi Nikmat di Pulau Dewata
Elizato.com

Setelah sekian lama kita membahas berbagai macam kopi dari seluruh indonesia, dari mulai Sumatra hingga pulai Papua, saatnya untuk kali ini kita membahas kopi origin unik dari salah datu pulau yang cukup terkenal di indonesia.  

Kita harus sadar bahwa kopi-kopi indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia, tak heran jika kopi-kopi indonesia di sandingkan menjadi kopi terfavorit dan termahal di dunia pada ajang-ajang kopi internasional.  

Kekhasan rasa, di dukung oleh letak geografisnya yang menjadi kan kopi indonesia sangat unik.  Hampir di seluruh wilayah indonesia memiliki kopi origin khas yang menjadikan komoditi unggulan di setiap daerah.

Bali Kintamani merupakan salah satu kopi origin yang cukup terkenal dan di sandingkan dengan kopi-kopi indonesia lainnya.  Terletak di kawasan Kintamani yang memiliki ketinggian diatas 900mdpl suhu udara yang dingin dan kering sesuai dengan suhu udara di dataran tinggi menjadikan daerah Kintamani cocok dalam pengembangan budidaya kopi arabika.  

Kopi Kintamani menjadi incaran para penikmat kopi di indonesia dengan banyak keunikan rasa dari kopi ini.  Kopi bali Kintamani merupakan kopi pertama di indonesia yang memiliki HAKI dengan indikasi geografis.

Sejarah awal perkembangan kopi di pulau dewata ini tidak luput dari peran kolonial belanda yang membawa biji kopi daro daerah Malabar, India tahun 1696 dengan cara tanam paksa ke setiap daerah jajahannya.  

Di indonesia sendiri yang sebelumnya di tanam di Batavia tepatnya di daerah kedaung yang kemudian perkebunan itu hancur akibat banjir saat itu. 

Upaya belanda tak cukup hanya disitu, pada tahun 1699 mereka mendatangkan kembali bibit kopi daerah Malabar , India dengan hasil penelitian baru dan hasilnya kopo yang ditanam tersebut menghasilkan kualitas biji kopi yang baik.  

Semenjak saat itu kemudian memperluas  penanaman kopi ini ke seluruh nusantara, dimana perluasan wilayah penanaman kopi ini meliputi Sumatra, Sulawesi,  bali dan juga beberapa kepulauan di indonesia.

Bali.tribun
Bali.tribun
Keunikan dari kopi bali Kintamani sendiri memiliki cita rasa yang lebih lemony atau orange, memiliki body medium, clean after taste dan yang pasti kopi Kintamani lebih mendevelop rasa fruity seperti pada kebanyakan kopi indonesia.  

Keunikan rasa orange pada kopi bali Kintamani terletak pada letak geografis dari perkebunan kopi bali Kintamani di desa mengani, kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli yang mana memiliki sejarah berdekatan dengan perkebunan jeruk di daerah tersebut.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x