Mohon tunggu...
Heru Subagia
Heru Subagia Mohon Tunggu... Relawan - Aktivis Kegiatan UMKM ,Relawan Sosial dan Politik

Menulis adalah media ekspresi tampa batas,eksplorasi dan eksploitasi imajiner yang membahagiakan . Menulis harus tetap bertangung jawap secara individu dan di muka umum. . Hobi menulis disela -sela kesibukan menjaga toko ,mengurus bisnis ,berkegiatan di umkm dan politik dan bisnis. Lingkungan hidup juga menjadi topik utana bagi penulis untuk advokasi publik berkaitan isu isu penyelamatan dan pelestarian alam . Mari kita gemar menulis , mendobrok tradisi ,menambah literasi dan menggugat zona nyaman berbagai kehidupan .

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Memahami Konsumen adalah Raja, Itulah Kunci Kesuksesan Penjualan

30 Mei 2022   17:53 Diperbarui: 30 Mei 2022   17:55 190
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Memahami Perilaku Konsumen,Kunci Berdagang Sukses.

Banyak konsumen yang berkunjung di bengkel Kami dengan gaya dan tingkah laku yang menawan,menggoda dan genit .Hadir juga konsumen yang berpenampilan biasa ,lusuh dan tidak menunjukkan jika mereka adalah seseorang kaya raya/the have. 

Banyak juga tamu seperti tokoh masyarakat ,politik ,artis  yang tidak berhubungan dengan penjualan juga kita terima. Tidak ada larangan khusus bagi tamu Kami yang pingin berkunjung atau berdandan mobil pribadinya .  Hanya orang gila dan mantan , dilarang keras masuk bengkel kami.

Sebagai penjaga toko profesional ,Saya ditantang untuk menjalani profesi penjual. Etika dan adab dalam berkomunikasi itu bagian prioritas membuka transaksi.  Proses negosiasi yang baik akan memberikan pemahaman dan pengertian yang akan menuntun keputusan terbaik apa yang menjadi nilai impian konsumen.

Pengalaman membuktikan ,pembukaan transaksi yang cerdas akan membuahkan hasil  transaksi/ closing  yang maksimal. Semua terpuaskan ,konsumen mencapai keinginan maksimal kita sebagai penjual puas berhasil memenuhi kebutuhan konsumen.

Hasil akhir total pelayanan kita dinilai oleh konsumen sebagai penjaga toko yang profesional ,tidak semata meraih keuntungan dan memeras dan memaksakan keinginan   kita yang selalu didahulukan. Menjual produk dengan pemaksaan dan tekanan tinggi/high pressure selling .

Layanan dengan tingkat kepuasan di atas rata- rata akan berdampak signifikan pada pembelian ulang / repeat order . Kita akan kaya memiliki  data base konsumen  yang produktivitas tinggi . Dalam kondisi sulit saat ini karena pandemi Covid-19  ,pelanggan loyal kita sangat bernilai untuk menjaga omset penjualan setiap harinya. Ada saja konsumen lama yang kembali lagi belanja ditempat kita.

 Sebagai manusia biasa kadang sebagai penjaga toko  terbuai oleh tingkah laku konsumen yang mempesona  dan enerjik. Di dalam dompet ada catatan khusus ,"  Suami yang  baik  selalu ingat yang di rumah".

Hal - hal  imaginasi  negatif kita buang ,tidak sempat berfikir minta nomer wa.
Padahal ngak usah diminta juga ,no.hp/wa tertera di kwitansi.

_____

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun