Mohon tunggu...
Rahmat HerryPrasetyo
Rahmat HerryPrasetyo Mohon Tunggu... Penulis - Writer

Penulis lepas dan editor freelance.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ini Kata 4 Pengusaha Jika Ingin Sukses dan Bahagia

14 September 2020   07:52 Diperbarui: 14 September 2020   08:05 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
MERRY RIANA (cirebon.pikiran-rakyat.com)

Jika berbicara tentang kesuksesan, sebenarnya saya masih belum memahami ukuran bakunya. Apakah orang yang kaya raya layak dikatakan sukses? Apakah orang yang sedang meniti karier dan menghadapi beragam problem belum disebut sukses? Bahkan, apakah orang yang punya utang banyak tidak mungkin sukses? Sebaliknya, apakah orang yang sudah meraih posisi puncak, memimpin banyak karyawan, itulah yang pantas disebut orang sukses?

Tentu saja sangat beragam jawabannya. Jawaban saya dan Anda sangat bisa berbeda karena kita punya ukuran kesuksesan yang juga tak sama. Saya misalnya, menyebut diri saya sukses, setelah menyelesaikan satu naskah artikel atau buku. Sederhana ukurannya! Mengapa demikian? Karena saya merasakan bahagia jika bisa menuntaskan sebuah tulisan.

Demikian pula, ketika saya berhasil mengedit naskah orang lain, dan pengarangnya puas dengan hasil kerja saya, maka saya menyebut diri saya sukses. Itu karena saya merasakan kebahagiaan karena bisa menuntaskan pekerjaan dan dipercaya orang lain. Entah itu sukses kecil maupun besar, bagi saya, jika ujungnya kebahagiaan hati dan pikiran maka pantaslah disyukuri.

Banyak orang, termasuk saya, setiap hari ingin mencari resep kesuksesan, keberhasilan, agar tidak jatuh dalam kegagalan. Untuk menambah ilmu tentang kesuksesan agar berujung bahagia itu, tak ada salahnya saya belajar dari empat pebisnis atau pengusaha ini. Setidaknya, kata-kata inspiratif mereka bisa saya jadikan pelecut motivasi dan mawas diri, agar saya dapat memaknai proses menuju sukses dengan lebih baik lagi.

1. Merry Riana
Namanya sedang melejit saat ini karena sukses besarnya. Pengusaha yang lahir pada 1980 di Jakarta ini berjuluk Wanita Sejuta Dolar. Merry Riana juga dikenal sebagai motivator wanita Nomor 1 di Indonesia dan di Asia. Melalui kata bijaknya, saya dan mungkin saja Anda, diingatkan untuk tidak meninggalkan doa. Sukses tanpa doa apalah artinya. Merry Riana mengatakan, "Zaman sekarang banyak handphone yang mahal dan canggih, tapi alat komunikasi yang paling ampuh tetaplah doa."

Selaras dengan itu, melandasi proses menuju sukses dengan doa dan ungkapan syukur akan terasa indah. Apalagi dilandasi dengan mimpi kesuksesan yang ingin kita raih. Banyak orang bijak mengatakan, "Tanpa diawali mimpi tak akan ada kesuksesan." Merry Riana pun mengingatkan, "Miliki mimpi yang nyata, buat rencana yang nyata, ambil tindakan yang nyata, maka keberhasilan Anda akan menjadi nyata."

2. Jack Ma
Dia adalah pebisnis e-commerce dari Tiongkok, lahir pada 1964. Miliarder dunia ini dijuluki oleh majalah Time sebagai Crazy Jack. Membaca kata-kata inspiratifnya, saya diingatkan untuk memiliki fokus yang baik jika ingin meraih sukses, besar maupun kecil. Jack Ma mengatakan, "Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan Anda ingin menangkap satu, fokus pada yang satu saja."

Fokus pada apa yang menjadi impian saya, fokus pada tantangan yang harus dihadapi, dan fokus pada respons yang tepat agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu merupakan bentuk-bentuk nyata yang harus saya lakukan; agar kesuksesan tidak hanya berwujud mimpi di siang bolong.

Kunci sukses lainnya yang harus saya ingat adalah jangan mudah menyerah. Meski nasihat bijak dan terkesan klise ini sering saya dengar, namun tetaplah maknanya sangat penting dan tak bisa lekang oleh waktu. Jack Ma pun mengingatkan, "Kita akan sukses karena kita masih muda, dan kita tidak akan, tidak akan pernah menyerah."

Belajar dari pesaing dan tidak menjiplak juga merupakan kunci sukses yang harus saya ingat dari pesan Jack Ma ini, "Anda wajib belajar dari pesaing Anda, tapi jangan menjiplak. Jika Anda menjiplak, Anda akan mati."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun