Mohon tunggu...
Herry Mendrofa
Herry Mendrofa Mohon Tunggu... Seorang Pekerja Sosial

Lahir di Nias, Sumatera Utara. Pernah berGerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Aktif di Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia dan sedang berwiraswasta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pasca Musibah Kebakaran, KPM PKH Terpaksa Tinggal di Tenda Terpal

15 Januari 2020   22:22 Diperbarui: 15 Januari 2020   22:20 34 0 0 Mohon Tunggu...
Pasca Musibah Kebakaran, KPM PKH Terpaksa Tinggal di Tenda Terpal
dokpri

Tim Pendamping Program Keluarga Harapan (PPKH) Kecamatan Bojongmangu yang digawangi Icih Mintarsih bergerak cepat merespon kondisi Ahmad dan Elis yang merupakan salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial Republik Indonesia pasca rumahnya ludes terbakar. Kejadian ini disebabkan dari peristiwa korsleting listrik.

Ahmad dan Elis  bertempat tinggal di Kampung Cikawung RT 04 RW 02 Desa Karang Mulya, Kecamatan Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Saat ditemui di lokasi pada Rabu 15 Januari 2020, Yoyok Setyo Wijoyo yang juga Koordinator PKH Kabupaten Bekasi setelah meninjau ke lokasi menemukan kondisi keluarga yang cukup trauma berat. Wajar saja akibat musibah tersebut, selain rumah secara fisik hancur lebur, barang-barang pribadi dan terbilang berharga tidak satu pun yang dapat diselamatkan karena kejadiannya terjadi di siang hari sekitar pukul 12.00 WIB.

Pun akhirnya diketahui oleh anaknya sepulang dari sekolah. Keluarga tidak dapat menyelamatkan barang-barang berharga karena api sudah sangat membesar dan sulit dikendalikan dan membakar rumah mereka yang terbuat dari bilik kayu dan anyaman bambu.

Akses ke lokasi rumah keluarga tersebut juga menyulitkan proses pertolongan karena berada di tengah sawah dan jauh dari pemukiman warga lainnya. Yoyok pun menambahkan bahwa Pemerintah Desa sudah berusaha mengakses Baznas untuk membantu meringankan beban keluarga namun masih dalam proses pengajuan.

dokpri
dokpri
Keluarga Ahmad dan Elis untuk sementara terpaksa tinggal di sebuah tenda terpal sambil menunggu uluran tangan dan pertolongan selanjutnya.  

Sebelum meninggalkan lokasi Koordinator PKH Kabupaten Bekasi dan Tim PPKH Kecamatan Bojongmangu menyantuni berupa sembako sebagai bentuk keprihatinan dan dukungan moril kepada keluarga.

VIDEO PILIHAN