Mohon tunggu...
Herry Mardianto
Herry Mardianto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Suka berpetualang di dunia penulisan

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Centang Biru: Catatan bagi Para Pendamba Kompasiana

30 Mei 2023   15:59 Diperbarui: 31 Mei 2023   14:15 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menunggu centang biru/Foto: Hermard

Platform Online dan Centang Biru

Centang biru (lencana terverifikasi) di berbagai situs website media sosial, menunjukan bahwa sebuah akun benar-benar milik seseorang yang mampu "mencerminkan" media sosial tertentu. Menjadi legitimasi pengguna dalam platform tertentu.

Lebih lanjut (mengutip Wikipedia), beberapa media sosial memberikan verifikasi centang biru bagi seseorang/tokoh yang memiliki kontribusi terhadap publik dan brand yang banyak dicari, sehingga tidak terjadi duplikasi identitas.

Begitulah centang biru digunakan Instagram (sebagai penanda bagi publik figur/artis), Google+ (profil tokoh masyarakat), Facebook (profil), Twitter (profil tokoh masyarakat), YouTube (musisi dan kelompok musik), Pinterest (tokoh masyarakat), dan Kompasiana (untuk Kompasianer). 

Tentu mendapatkan verifikasi centang biru bukanlah perkara mudah. Di Instagram, pengguna harus mematuhi Terms of Use and Community Guidelines, mengajukan verifikasi centang biru. Proses peninjauan oleh Instagram terhadap akun pengguna dilakukan selama 30 hari. Meskipun telah memenuhi syarat, belum tentu pengguna mendapatkan centang biru. Di YouTube, centang biru baru bisa diberikan setelah pengguna memiliki 100.000 subscriber.

Centang Biru Kompasiana

Bagaimana dengan verifikasi centang biru di Kompasiana? Sama dengan di platform lainnya, anggota (Kompasianer)  dituntut memiliki kriteria tertentu untuk mendapatkan centang biru. Misalnya, kompasianer minimal sudah menayangkan 100 konten dengan rasio pencapaian Artikel Utama (AU) sebanyak 20% dari konten yang sudah ditayangkan. Kompasianer menyajikan konten spesifik dan unik. Memiliki pageviews konten dalam jumlah tertentu. 

Apakah jika pencapaian semua itu telah terlampaui, secara otomatis Kompasianer akan mendapatkan centang biru? Pengalaman saya menunjukan bahwa centang biru disisipi dengan perasaan harap-harap cemas dalam waktu cukup lama.

Lika-liku Mendapatkan Centang Biru

Tanggal 26 Maret, saya mendapat notifikasi dari admin Kompasiana: Tambah 5 konten Headline lagi untuk raih kesempatan menjadi Kompasianer Terverifikasi Centang Biru. Pemberitahuan itu tentu memacu adrenalin agar segera bisa menjadi Kompasianer centang biru! Saat itu AU baru  mencapai 15 artikel. Tentu menulis untuk klasifikasi AU butuh strategi, perjuangan, dan nasib baik. Dalam konteks ini, saya  terbayang Mbak Suprihati yang tulisannya selalu AU. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun