Mohon tunggu...
Herman Sutrisno
Herman Sutrisno Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang yang berobsesi untuk sukses dalam dunia valas dan saham

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Tips Peternakan Ayam Sederhana Menguntungkan

10 Januari 2017   11:17 Diperbarui: 10 Januari 2017   11:29 2963 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Peternakan Ayam - sumber : bisnis.com

Beternak ayam merupakan salah satu usaha ternak yang paling banyak di incar oleh masyarakat. Sebab peluang usaha ternak ayam sangat menjanjikan di tengah permintaan yang masih sangat tinggi. Kebutuhan masyarakat akan hewani yang sangat tinggi membuat usaha ini semakin menguntungkan. Ada dua jenis ternak yang biasa dikembang kan yaitu ternak ayam petelur dan juga ternak ayam pedaging.

Ternak ayam broiler atau ayam pedaging saat ini memliki prospek keuntungan yang besar dalam bisnis peternakan ayam karena permintaan daging di masyarakat cukup tinggi, hal ini di manfaatkan oleh sebagian masyarakat dalam membuka bisnis usaha ternak, bukan hanya itu bisnis ayam potong juga cukup menggiurkan. Berikut akan kami berikan tips usaha ternak ayam potong.

Tips Peternakan Ayam - Beternak Ayam Potong

  • Dalam pembuatan kandang ayam ternak, usahakan tidak dekat dengan pemukiman penduduk. Kandang yang baik untuk ternak bisa menyesuaikan pencahayaan matahari yang masuk dan juga ventilasi yang terjaga. Selain itu, kondisi suhu kandang ayam juga harus terjaga kehangatannya. suhu berperan penting agar ayam potong dapat bertahan hidup.
  • Peternak juga harus memperhatikan sumber daya listrik dan sumber air kandang peternakan ayam.
  • Didalam kandang yang sudah tersedia, harus  memiliki peralatan untuk DOC Ayam potong, seperti penghangat, sekat dan litter. Dan yang terpenting menyediakan peralatan makan minuman untuk ternak.
  • Dalam proses ternak, selama 14 hari pertama haru bisa memperhatikan ayam ayam tersebut. Sebab di masa ini bisa menentukan keberhasilan ternak anda. Perhatikan juga suhu ruangan. Jika terlihat anak ayam banyak yang berkumpul itu menandakan bahwa suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan sampai terlalu panas.
  • Rutin melakukan vaksinasi pada ayam di hari ke 7, 14 dan ke 21
  • Jika masa 14 hari pertama sudah lewat,  maka selanjutnya anda hanya perlu untuk rutin melakukan kontrol kepada hewan ternak, mulai dari melihat kebutuhan pakan dan hal ini dilakukan sampai menunggu masa panen.
  • Brikan vitamin dan antibiotik pada minuman berikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen. Hal ini untuk menunjang keberhasilan panen anda. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan