Mohon tunggu...
Herman Sutrisno
Herman Sutrisno Mohon Tunggu... -
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Seorang yang berobsesi untuk sukses dalam dunia valas dan saham

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Bisnis Ternak Sapi Musiman Hari Raya Qurban

11 September 2015   14:56 Diperbarui: 11 September 2015   15:14 110 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ciri Ternak Sapi Qurban yang Sehat

Bisnis ternak sapi musiman terus dilirik oleh masyarakat. Salah satunya saat momen penting seperti hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Hari besar ini dirayakan oleh umat Islam seluruh dunia setahun sekali, tepatnya setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Mereka yang mampu dianjurkan untuk berqurban hewan yang diperbolehkan, seperti sapi, domba, kambing dan unta.

Kebutuhan akan sapi qurban dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang tertarik menggeluti bisnis sapi qurban. Sebagai usaha musiman, cara menjalankannya pun lebih mudah dibandingkan bisnis ternak sapi yang dilakukan dari masa pembibitan. Namun, bukan berarti bahwa pelaku bisnis bisa memulainya tanpa persiapan. Selain kesiapan modal, ada beberapa hal yang harus dipahami sebelum berkecimpung dalam bisnis jual beli sapi qurban. Pedagang harus tahu kondisi hewan qurban yang sesuai dengan yang disyariatkan dalam agama Islam. Akan jauh lebih baik apabila sapi-sapi yang dijual untuk keperluan qurban mendapatkan label kesehatan khusus dari pihak terkait yaitu dinas kesehatan setempat.

Walaupun tingkat minat masyarakat terhadap hewan qurban sangat tinggi, bukan berarti pedagang dapat begitu saja menjajakan dagangan tanpa melakukan pertimbangan. Pelaku usaha perlu menyediakan stok sapi yang bervariasi terutama untuk pilihan harga, sebab rata-rata pembeli menginginkan sapi qurban kualitas terbaik sesuai tingkat kemampuan finansial masing-masing. Untuk meningkatkan potensi pendapatan, lokasi penjualan juga menjadi pertimbangan penting dalam bisnis ternak sapi musiman ini.

Investasi Peternakan Sapi Qurban

Menjelang Idul Adha, tentu banyak sekali pebisnis ternak sapi yang ikut ambil bagian dalam mengikuti trend musiman ini setiap tahunnya. Berbagai macam jenis sapi potong hadir ke berbagai acara pemotongan hewan kurban di seluruh Indonesia, jika anda adalah seorang pembeli sapi qurban, hendaknya anda memperhatikan berbagai macam aspek yang terutama adalah aspek kesehatan dari hewan qurban itu sendiri dimana hewan qurban memiliki ciri khusus ketika sedang sakit, tentu saja ini sangat perlu diperhatikan bagi setiap pebisnis ternak hewan sapi qurban. Adapun ciri ciri dari hewan qurban yang baik adalah sebagai berikut ini :

Tanda tanda bahwa Hewan Qurban itu Sehat95 rating 100 dari 1 rating userRp 10.000.000 sampaiRp 20.000.000 dari0 penjual di Indonesia Informasi Lengkap Ciri Ciri Hewan Qurban yang Sehat :  Ciri Ciri Ternak Sapi Kurban yang Sehat

Dibawah ini anda bisa melihat ciri ciri dari hewan qurban yang sehat :

  • Terlihat dari aktifitasnya, apabila lincah dan gesit, maka hewan qurban ini bisa dibilang sangat sehat
  • Dari penampilan hewan kurban sendiri rambut dan bulunya halus, tidak rontok dan tidak botak, bulu juga tidak berdiri
  • Matanya terlihat bersih dan bersinar, kelopak mata dapat terlihat terbuka secara penuh
  • Memiliki tubuh kurus dan juga tulang menonjol, namun tetap dalam kondisi sehat
  • Pandangan mata bersinar cerah dan bulu yang halus
  • Kotoran sapi yang normal

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan