Mohon tunggu...
Herlina Putri
Herlina Putri Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Saya menyukai menulis tentang apapun dengan topik-topik yang cukup menarik untuk dibahas.

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Jumlah Penggangguran Menurun, Apakah Jumlah Angkatan Kerja Ikut Menurun?

25 September 2022   12:23 Diperbarui: 25 September 2022   12:29 232 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Tahukah kamu? Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) hingga pertengahan tahun 2022 penduduk Indonesia mencapai angka 275,77 juta jiwa dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 144,01 juta jiwa. Angkatan kerja merupakan penduduk yang terbilang sudah memasuki usia produktif atau usia kerja, baik yang sudah memiliki pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, maupun yang belum mendapatkan pekerjaan. Berbeda dengan yang bukan angkatan kerja dimana seseorang tidak melakukan suatu kegiatan bekerja. Di beberapa bagian wilayah indonesia, cukup banyak masyarakat yang masih sulit mendapatkan pekerjaan yang layak karena ketersediaan lapangan pekerjaan tidak sesuai dengan banyaknya jumlah pencari kerja, serta faktor lain yang menyebabkan jumlah angkatan kerja semakin meningkat setiap tahunnya.

Padatnya penduduk di Indonesia membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi sulit dan menyebabkan banyak       penduduk menganggur. Istilah pengangguran sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi kita semua, hal ini menjadi momok menakutkan bagi mereka yang berada di usia-usia produktif karena lapangan pekerjaan yang dirasa semakin sempit dan berbanding terbalik dengan jumlah angkatan kerja yang meningkat.

Data Jumlah dan Presentase Penduduk Kerja dan Pengangguran Tahun 2021-2022                                                                                      

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat banyaknya pengangguran di Indonesia pada bulan Februari 2022 sebanyak 8,40 juta penduduk atau sekitar 5,83%  dari jumlah angkatan kerja di Indonesia, tetapi angka pengangguran ini menurun sebanyak 350.000 orang dari data pada tahun 2021. Penurunan angka pengangguran ini saling berjalan beriringan dengan kesembuhan perekonomian pasca pandemi virus Covid - 19 yang dua tahun belakangan ini datang menyerang dari segala aspek negara. Adanya virus Covid - 19 tentu sangat menghambat banyak faktor yang memepengaruhi. Namun, tingkat angka pengangguran ini masih lebih tinggi sebanyak 0,89% dibandingkan dari bulan februari tahun 2019 sebelum adanya pandemi. Meski mengalami penurunan, tingkat pengangguran di indonesia masih belum kunjung kembali pada posisi sebelum adanya pandemi Covid-19. Indonesia masih belum mengalami kestabilan yang cukup setelah adanya wabah virus Covid - 19.  Walaupun sudah mulai beranjak bangkit dan beraktivitas normal, akan tetapi perekonomian belum sepenuhnya kembali normal. 

Sumber:

https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/05/09/1915/februari-2022--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-83-persen.html#:~:text=Jumlah%20angkatan%20kerja%20pada%20Februari,juta%20orang%20dari%20Februari%202021.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan