Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Pemuda Papua Yang Menikmati Petualangan sebagai ASN Sekretariat Daerah Di Belitung Timur

ASN Belitung Timur, Traveler, Scholarship Hunter. Kontak 0852-4244-1580

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Didikan Mengendalikan Emosi Saat Berbicara dari Iklan Radio

13 Mei 2020   09:39 Diperbarui: 13 Mei 2020   09:43 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama kali terjun sebagai pengisi iklan radio tahun 2014 saat masih jadi mahasiswa. Agak lucu karena seorang mahasiswa teknik malah nyasar di dunia anak komunikasi. 

Iklan pertama yang saya isi adalah dari brand pasta gigi asal Thailand, Sensodent. Proses seleksinya tak disengaja, awalnya mau kolaborasi kegiatan campaign menjelang bulan kesehatan gigi.

Saat bahas rencana teknisnya, malah agensinya tertarik dengan suara saya saat komunikasi via telepon. Katanya agensinya,  suaranya keren tapi saya malah ragu dan tidak pede karena ketika saya berpicara  yang masih melekat dialek Torajanya. 

Wajar lah kan saya tumbuh dan berkembangnya di kampung bukan Jakarta yang sudah fasih elu gue. Mau nolak, tapi sayang. Kesempatan tidak datang dua kali, embat saja modal nekat. Lumayan saat itu dibayar 250 ribu/iklan. Hanya ambil take suara 3 menit dapat bayaran lumayan.

Pikiran saya pun terbuka, awalnya sempat memandang remeh profesi ini. Saya pikir cukup  baca teks saja sudah kelar ternyata salah besar. Teks tidak sekedar  dibaca saja, dijiwai  kalau perlu dihapal di luar kepala. 

Suasana studionya kayak studio rekaman musik.Ada komputer, ada mixer, ada kayak mic gitu. Belum lagi saat taping suara ternyata ada tekniknya sendiri. Hampir mirip dengan teknik bernyanyi mulai dari improvisasi suara, tekanan suara sampai pada teknik pernafasan. 

Iklannya sih Cuma 3 menitan tapi prosesnya sampai 1,5 jam kala itu. Belum lagi tekanan mental dan rasa gak enakan melihat agensinya senyum-senyum sampai  geleng-geleng kalau harus ulang dari pertama lagi.

Dari iklan radio ini, memberikan  pengalaman yang pada akhirnya bisa saya aplikasikan dalam dunia profesional yaitu teknik Smiling Voice. Mirip-mirip gata bicaranya para Customer Service Telkomsel.

Sekalipun ada banyak masalah yang melanda jiwa atau lagi emosi ke orang tapi tak boleh terbawa-bawa saat berinteraksi dengan orang lain. Be Profesional. Bagaimana mengendalikan diri dan  pembawaan tetap tenang dalam menghadapi aneka ragam kepribadian orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun