Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Pemuda Idealis di Tanah Papua

Perantau di Timika, Papua. Kontak 085242441580

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pelan tapi Pasti, Layanan Fintech Sudah Mulai Tunjukkan Taringnya di Timika, Papua

21 Oktober 2019   21:03 Diperbarui: 22 Oktober 2019   10:55 22 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelan tapi Pasti, Layanan Fintech Sudah Mulai Tunjukkan Taringnya di Timika, Papua
Ilustrasi sumber gambar gadgetren.com

Layanan Financial Technology (Fintech) sudah mulai menunjukkan eksistensinya  di Kotaku,  Timika. Dari sekian layanan fintech yang ada,  OVO  yang tampak serius menggarap pangsa pasar di Tanah Amungsa Bumi Kamoro ini.

Sudah ada beberapa outlet/merchant yang menjalin kerjasama dengan layanan  platform pembayaran digital  di bawah LIPPO Group ini. Sebut saja resto waralaba A&W yang  bertempat di Jalan Budi Utomo menawarkan cashback  30 % untuk pembelian produk makanan, ada hotel Horizon Ultima yang bertempat di Jalan Hasanuddin menawarkan cashback 5%,  dan Outlet BATA Store dan Optik Internasional yang menawarkan cashback 5%-10%.

Sebenarnya ada juga fintech Link Aja yang sudah menjalin bekerjasama dengan Uno Mart tapi layanannya hanya sebatas pembayaran saja tanpa embel-embel diskon atau cashback. Tapi tak apalah namanya juga masih dalam tahap raba-raba potensi pasar.

Sisi baiknya bahwa ini adalah  bentuk  pengenalan layanan keuangan digital non bank di kota Timika. Tak hanya itu keberadaan dua layanan uang elektronik berbasis server ini  yang selangkah demi selangkah bisa mengubah kebiasaan masyarakat dari uang tunai menjadi digital

Eksistensi OVO dan Link Aja secara tak langsung  juga menopang  salah satu program prestisius dari  Pemda Mimika yaitu Mimika Smart City dimana mendorong masyarakat Mimika berperilaku cerdas dalam hal ini  meminimalisir penggunaan uang tunai.

Semoga saja makin banyak merchant yang menjalin kerjasama dengan layanan fintech ini agar bisa menyalib penggunaan uang tunai dan bisa meningkatkan kebiasaan masyarakat Mimika untuk mulai  beralih  ke layanan digital sebagai solusi  keuangan.

Harapan dari kami sebagai generasi Millenial bahwa  kelak jika banyak merchant yang menjalin kerjasaman dengan layanan Fintech ini maka  semakin banyak  pilihat outlet yang menawarkan cashback sehingga tak membuat kantong jebol utamanya saat malam mingguan. Hahaha. Salam hangat dari Timika, Papua

Penulis:

Heriyanto Rantelino, Anak Muda Timika/Operator Mimika Smart City Dinas Perhubungan, Papua
Facebook: Heriyanto Rantelino
Instagram : @RyanLino7
No Whatsapp: 0852-4244-1580

dok. pribadi
dok. pribadi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x