Mohon tunggu...
Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Mohon Tunggu... Anak Muda Idealis di Tanah Papua

Perantau di Timika, Papua. Kontak 085242441580

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Tiga Gaya Hidup yang Membuatku Terlena di Papua

8 Agustus 2019   16:37 Diperbarui: 8 Agustus 2019   16:45 0 3 1 Mohon Tunggu...
Tiga Gaya Hidup yang Membuatku Terlena di Papua
Penulis Bersama Anak-Anak Papua Belajar Bersama. Dok:Pribadi

Berada di Timika, Papua lebih dari tiga tahun membawa suka duka tersendiri dalam perjalanan hidupku. Berbagai dinamika datang silih berganti yang kemudian mendidik mental saya menjadi pribadi yang lebih dewasa dan lebih bijak dalam berpikir dan bertindak. 

Bumi Cendrawasih ini telah membawa saya keluar dari zona nyaman yang sebelumnya belum pernah saya alami terutama dalam pola hidupnya. Dari serangkaian gaya hidup disini, ada tiga hal yang membuat saya pada akhirnya terlena untuk tinggal di Papua.

1.Menikmati Hidup Dengan Santai

Penulis dengan Bocah-Bocah Papua/dokpri
Penulis dengan Bocah-Bocah Papua/dokpri
dokpri
dokpri
Saya tak perlu banyak khawatir hidup di tengah orang asli Papua (OAP). Tak perlu pasang wibawa berinteraksi dengan mereka . Ketika suasana santai menyelimuti, saya bisa tertawa dengan gaya sendiri, mau tertawa lepas dan bebas, jingkrak-jingkak, teriak, atau goyang-goyang. Mereka santai saja melihat semuanya itu dan malah justru akan mengakrabkan serta menambah keseruan.

2. Tak Peduli Apa Outfit Yang Digunakan

Penulis Bersama 2 Pemudi Papua/dokpri
Penulis Bersama 2 Pemudi Papua/dokpri

Berhadapan dengan OAP tentunya tak perlu khawatir dengan masalah penampilan. Tidak peduli pakaianmu branded atau KW,  baru atau lusuh,  longgar atau pas, , keren atau biasa saja. Penampilan takkan menghalangi  dalam berinteraksi dengan para kaka-kaka Papua.

3. Harmonisasi dengan Alam

Penulis Berfoto  dengan Orang Papua./dokpri
Penulis Berfoto  dengan Orang Papua./dokpri

Hidup di Papua membuat kita lebih dekat dengan alam. Kita bisa melihat dan menyatu lebih dekat hasil karya ciptaan Tuhan melalui  sumber daya alam  yang melimpah. Saat mengarungi area perairan, saya bisa menyaksikan rimbunnya pepohonan manggrove di sepanjang perjalanan, melihat lebih tambang yang dikelola PT. Freeport diangkut lewat kapal besar. Dalam nuansa santai, kita bisa duduk lesehan selonjoran beralaskan tanah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x