Heriyanto Rantelino
Heriyanto Rantelino Staf Dinas Perhubungan Mimika, Papua

Perantau di Timika, Papua. Kontak Whatapp di 085242441580.

Selanjutnya

Tutup

Muda highlight headline

Dinamika Fresh Graduate di Dunia Kerja

10 Agustus 2017   08:48 Diperbarui: 11 Agustus 2017   09:32 975 6 2
Dinamika Fresh Graduate di Dunia Kerja
Dokumentasi dari Shutterstock

Sudah dua tahun lebih saya meninggalkan dunia kampus. Status perawan fresh graduateku direnggut oleh salah satu instansi pemerintahan di Papua. Walaupun sudah bekerja lebih setahun, namun semangat idealisme bekas zaman mahasiswa masih terpatri dalam diriku. Berpikir kritis dan masih imun terhadap rekayasa dunia perpolitikan.

Teman-teman berkata bahwa ketika sudah bekerja maka semangat idealisme harus dikompromikan. Secara regulasi memperjuangkan kepentingan umum secara terbuka itu benar, namun dunia sekarang dipenuhi oleh gejala politik, alhasil dari segi SOP kerja sudah benar tapi dari segi politik kalah telak. Dan hal inilah yang menjadi sebuah tantangan sendiri bagi seorang pemuda yang baru lulus kuliah.

Tidak memunafikkan diri bahwa selain mencari pengalaman, kita, para fresh graduate ingin mencari tambahan penghasilan. Masa muda inilah adalah waktu emas untuk mengekspore segala kemampuan, pemikiran, yang intinya berorientasi untuk meraup pengetahuan sebanyak-banyaknya. Tak sia-sia kok karena nantinya hal tersebut bisa dijadikan modal untuk menyusun tangga-tangga kesuksesan kedepan.

Kelabilan Seorang Fresh Graduate

Di timeline media sosial saya, begitu banyak teman-teman yang mewartakan aktivitas yang menggambarkan kesuksesannya meniti karir setelah lulus dari kampus. Mereka beruntung berbakti di perusahaan atau instansi impiannyaa dengan gaji yang lumayan. Lewat hasil kerja kerasnya, ada yang akhirnya melakukan traveling ke daerah impiannya, menginjakkan kaki di tempat-tempat highclass, membeli gadget impian, mengikuti training yang menambah kapasitas dirinya dan masih banyak lagi kejadian bahagia lainnya. Ada yang niatnya memang untuk mengabarkan keadaan dirinya, namun tak jarang pula ada yang orientasinya pamer materi. Boleh dikata sebagian dari mereka sudah berubah orientasinya dari yang sederhana menjadi penganut hedonisme.

Di beberapa kasus, masih ada fresh graduate yang punya metode sendiri dalam mempertahankan prinsipnya. Dalam kamus hidupnya, mereka lebih baik menjadi pribadi sederhana daripada menjadi pribadi yang munafik yang bisa membuat dirinya mengalami pergolakan batin. Hal ini tentunya akan membuat jiwa dan pikirannya sudah tak menyatu lagi. Pada akhirnya dia akan menjadi linglung dan tidak merasakan kenyamanan di dunia kerja.

Dimaklumi bahwa ketika sudah bekerja, akan membawa perubahan tersendiri bagi kawan-kawan fresh graduate baik secara fisik maupun batin. Ada yang berubah pola hidup, pola tingkah laku, perubahan tampilan fisik, perubahan prinsip hidup, dan masih banyak lagi perubahan. Dan itulah bagian dari dinamika kehidupan seorang fresh graduate.