Mohon tunggu...
Heri Nugroho
Heri Nugroho Mohon Tunggu... Freelancer - freelance

saya adalah orang yang hobby motret dan sedang mulai belajar menulis. mencoba menggabungkan antara foto dan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengenal Potensi Wisata Desa Bandungrejo

5 November 2022   12:40 Diperbarui: 5 November 2022   13:02 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MENGENAL POTENSI DESA WISATA BUDAYA BANDUNGREJO

 

Bandungrejo merupakan desa wisata budaya di wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang, yang terletak  diantara Gunung Andong dan Gunung Merbabu. Ada banyak jenis kesenian tradisonal yang berkembang dan masih terjaga kelestariannya seperti tari Soreng, tari Kuda Lumping, tari Topeng Ireng serta berbagai tarian daerah lainnya.

Tari Soreng adalah sebuah tarian kolosal yang berasal dari daerah lereng Merabu dan Andong. Tarian ini menceritakan gladi perang prajurit Jipang Panolan dibawah pimpinan Raden Arya Penangsang. Tarian ini awalnya bernama Prajuritan. Seiring waktu oleh masyarakat kemudian diberikan tambahan beberapa tokoh. Selain Aryo Penangsang juga ditambahkan tokoh Soreng Rono, Soreng Pati, Soreng Rungkut, Patih Ronggo Metahun dan Pekatik. Hingga kesenian ini kemudian dinamakan Soreng,  Tari soreng diiringi dengan lantunan irama gamelan yang bernada cepat. Gamelan, bende, kendang dan truntung berpadu melahirkan irama pembangkit semangat.

 

Penampilan Tari Soreng Bandungrejo/Dokumentasi pribadi
Penampilan Tari Soreng Bandungrejo/Dokumentasi pribadi

Selain Tari Soreng juga ada Tarian Kuda Lumping. Tarian  ini juga dibawakan secara kolosal. Konon tarian ini adalah perwujudan dari cerita pasukan berkuda Pangeran Diponegoro meghadapi penjajah Belanda.

Tari Kuda Lumping Kreasi Bandungrejo/Dokumentasi pribadi
Tari Kuda Lumping Kreasi Bandungrejo/Dokumentasi pribadi

Sedangkan TarianTopeng ireng sendiri adalah tarian kreasi baru yang biasanya dibawakan berpasang pasangan antara oleh laki laki dan perempuan. Tarian ini menggambarkan kedekatan antara manusia dan alam. 

Yang menarik dari tarian ini adalah kostum penari berupa penutup kepala ala suku Indian serta kerincingan / Klintingan yang sangat banyak, yang di ikat di kaki penari.

Tarian Topeng Ireng Bandungrejo/Dokumentasi pribadi
Tarian Topeng Ireng Bandungrejo/Dokumentasi pribadi

Sebelum Pandemi melanda Negeri ini, Desa ini sering mengadakan berbagai  atraksi budaya dan festival seni yang menyajikan kesenian dan tradisi yang ada di Desa Bandungrejo. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun