Mohon tunggu...
Heri Prabowo
Heri Prabowo Mohon Tunggu... Sdh 40-an tp masih belajar

lagi belajar jadi penulis

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

BCA Sakuku, Cepat, Menguntungkan dan Anti Korupsi

8 November 2019   10:36 Diperbarui: 8 November 2019   10:51 0 2 1 Mohon Tunggu...
BCA Sakuku, Cepat, Menguntungkan dan Anti Korupsi
dokpri


Rabu, 30 Oktober lalu, mataku tercengat menatap layar ponselku karena dalam aplikasi Mandiri Sekuritas tampak saham BumiResources ( BRMS ) yang mulai menggeliat naik. Kenaikan ini dipicu oleh  laporan keuangan perusahaan ini yang mencatatkan adanya laba bersih Rp. 14,27 milyar. Padahal sebelumnya mengalami kerugian. Kenaikan harga saham adalah hal yang biasa dalam dunia bursa, tapi khusus untuk saham berkode BRMS tidak. Sebab saham ini sudah berbulan-bulantertidur di harga terendah yaitu Rp. 50,00.

Padahal berita tentang rencana beroperasinya tambang emas mereka di Sulawesi Tengah berkali-kali di muat di media ekonomi dan keuangan. Ditambah berita adanya penjualan aset untuk membayar hutang sehingga keuangan perusahaan menjadi sehat. Seperti biasa saham-saham perusahaan yang mendapat berita positif selalu aku beli ( secara bertahap ) sehingga mulai masuk koleksi dalam portofolioku. Pembelian dalam jumlah besar baru aku lakukan tanggal 28 Oktober lalu saat saham ini mulai bergerak naik terbatas.  Jadi aku membeli saham BSMR diharga rata-rata Rp. 51.

Maka saat saham itu naik pesat, aku harus memantaunya secara sesaksama. Bukan saja agar aku tak kehilangan momentum dalam profit taking atau jual untuk ambil untung, Tapi juga untuk memprediksi sampai titik harga berapa saham itu akan naik. Juga peluang naik di hari berikutnya. Keputusan tak bisa diambil dengan melihat aplikasi di ponsel, sebab tampilannya informasinya terbatas. Maka aku bergegas membuka laptopku. Juga menyalakan hotspot di ponsel sehingga laptopku bisa terkoneksi internet.

Saham BRMS bergerak naik turun dengan cepat dikisaran Rp. 54-56 rupiah. Artinya bila menjualnya aku sudah meraup untung 10%. Tapi melihat pantulan harga-nya ( naik-turun ) serta analisa grafik candlestick dan didukung angka di offer ( tawaran jual ) dan bid ( tawaran beli ), aku punya keyakinan saham ini bisa naik lagi. Bahkan aku bisa melakukan averageup ( membeli saham dengan harga lebih tinggi dari harga saham yang kita miliki). Saat mata dan pikiranku berkonsentrasi, tiba-tiba sebuah SMS masuk keponselku. " Kuota anda tinggal 99 MB.....". " Ya, ampun, haruskah aku jual sekarang saham ini sebelum kuotaku habis.. " seruku dalam hati. Sebab aplikasi trading saham dalam laptop sangat menyedot kuota internet. Disisi lain saham BRMSkurang liquid. Misalnya hari ini bergerak naik, besok turun, lusa turun dan akhirnyatertidur lagi di harga Rp. 50,00 berbulan-bulan.

Tiba-tiba aku teringat aplikasibeli pulsa di Sakuku. Sebab dengan membeli pulsa Telkomsel mulai Rp. 25ribu akan mendapat bonus 500 MB seharga Rp. 10,00. Maka kontan saja akulangsung membeli pulsa lewat Sakuku. Beli Pulsa jadi dibikin simpel dengan Sakuku. Dengan pulsa itu aku bisa membeli paket data. Sehingga kuota dataku kembali terisi dengan cepat. Aku bisa berkonsentrasi.

Hari itu harga saham BRMS mencapai Rp. 64,00 dan ditutup pada harga Rp. 58,00. Aku sendiri melepasnya di rentang harga Rp. 59s.d 61. Artinya aku mendapat untung sekitar 20% dalam waktu dua hari saja. Keuntunganyang bagus disaat Indeks Harga Saham Gabungan masih stagnan bahkan cenderung turun. Kesabaran dan ketelitian dalam menganalisa saham terbayar sudah. Tapi semua juga tak akan ada artinya jika tak ada tambahan kuota internet yang aku dapatkan dengan cepat setelah membeli pulsa di aplikasi Sakuku. Membeli pulsadi Sakuku juga murah karena tak ada biaya admin. Beli Rp. 25.000 bayar Rp.25.000,-.

Bicara tentang aplikasi sakuku, terus terang aplikasi ini sangat menarik bagiku. Aplikasi ini menawarkan sejumlah promo diskon di sejumlah gerai.  Beli voucher game di sakuku juga bisa. Game seperti Mobile Legends atau FreeFire. Jadi orang tua bisa tahu jumlah penggunaan voucher game anak-anak kita dalam bermain game online. Untuk menghindari kecanduan. Untuk informasi lebih lanjut bisa buka dihttps://www.bca.co.id/sakuku 

Kelebihan aplikasi Sakuku yang paling utama adalah aplikasi ini bisa terkoneksi langsung dengan rekening BCA. Jadi top up saldonyatak dikenakan biaya. Sebagaimana apalikasi e wallet, sakuku juga tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Dengan terkoneksi, aplikasi Sakuku akan menjadi aplikasi Sakuku Plus, sehingga bisa melakukan transfer dan tarik tunaidi ATM BCA.

Melihat kelebihan ini maka sebagai bendahara RT dalam rapat dengan Ketua RT yang baru terpilih, saya menyarankan agar RT memiliki akun Sakuku plus ( terkoneksi ) dengan rekening BCA Ketua RT atau Bendahara RT. Sehingga  pembayaran iuran dan sumbangan RT dapat dilakukan secara transfer. Zaman sekarang, saya yakinjarang sekali ada keluarga/pengusaha yang tak punya rekening BCA. Sebab BCA adalahsalah satu Bank besar dengan jaringan ATM luas serta fasiltas BCA mobile yang canggih.

Jadi warga atau pengusaha di RT kami biasa bayar iuran RT melalui transfer. Sebagai tambahan RT kami berada di salah satu kawasan bisnis di Surabaya Barat jadi banyak toko dan kantor. Selama hampir 3 tahun menjadi Bendahara RT, masalah pengelolaan  iuran dan sumbangan RT sering kali ruwet, bermasalah dan tidak transaparan. Hal inisaya tulis dalam artikel sebelumnya. Jika pembayaran iuaran atau pemberian sumbangan dilakukan secara transfer pasti lebih transparan dan efisien. Ketua RT yang baru terpilih sangat mendukung ideku untuk diterapkan mulai tahun depan.

Saya membayangkan jika BCA mau mensosialisasikan hal ini kepada para ketua RT di banyak perkotaan di Indonesia maka ada potensi besar dana yang bisa dikelola. Ada ratusan ribu nasabah yang bisa digaet. Keuntungan bukan saja di BCA. Tapi juga ada di masyarakat, sebab sudah bukan rahasia lagi banyak keuangan RT yang dikelola sembarangan, tidak transparan dan ujung-ujungnya dikorupsi.  Urusan RT walau  sering dipandang sebelah mata sebenarnya mewakili wajah negeri kita. Banyaknya keuangan RT yang digerogoti pungli dan korupsi menampilkan wajah negeri ini. Maka jika banyak keuangan  RT dikelola dengan baik sehingga bisa memajukan lingkungannya akan punya efek domino bagi kemajuan negeri ini. Partisipasi BCA dan Sakuku saya tunggu untuk Indonesia lebih baik,