Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Editorial
Herdin HidayatÂ
PPG Kategori 2 UNTIRTAÂ
Teks Editorial merupakan salah satu materi yang diajarkan pada siswa SMA kelas XII. Teks Editorial merupakan materi yang dianggap sulit oleh para siswa. Hal ini dikarenakan rendahnya keterampilan siswa dalam membaca dan menulis. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik kurang tepat sehingga menjadikan hasil belajar teks editorial menjadi rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi struktur teks editorial salah satunya adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini dapat merangsang siswa menjadi lebih aktif dan kreatif.Â
Hal tersebut dikarenakan adanya masalah yang disajakan kepada siswa. Masalah tersebut akan dikupas secara berkelompok. Atas dasar itu, maka semangat belajar anak akan meningkat dan menghasilkan hasil belajar yang maksimal. SMA Negeri 10 Pandeglang merupakan salah satu sekolah Negeri yang ada di daerah pandeglang. Sekolah ini masih memiliki banyak siswa yang masih belum menyadari akan pentingnya pendidikan. Sehingga menyebabkan motivasi belajar dan rasa ingin bisa mereka menjadi rendah.Â
Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik agar sebisa mungkin memotivasi dan menyajikan materi ajar dengan sebaik mungkin. Pada kasus ini, pendidik dituntut untuk kreatif, aktif, dan inovatif. Berdasarkan latar belakang yang disajikan mengenai model pembelajaran Problem Based Learing menjadi secerca harapan dan sinar terang untuk membangkitkan motivasi dan semangat belajar mereka, menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik, dan tentunya memunculkan ide kreatif peserta didik.Â
Berawal dari hal tersebut, maka penulis menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada kegiatan PPL PPG dimulai dari aksi 1. Dengan model pembelajaran ini, hasil belajar siswa menjadi lebih baik terutama pada pembelajaran mengidentifikasi struktur teks editorial. Selain itu, hasil refleksi pun menemukan fakta bahwa anak lebih tertarik dalam belajar, motivasi mereka meningkat, dan tentunya belajar menjadi lebih menyenangkan.
 Berdasarkan uraian di atas, kita dapat memanfaatkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar terutama dalam materi ajar mengidentifikasi struktur teks editorial. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi referensi penggunaan model pembelajaran. Inilah pengalaman Praktik Baik dalam kegiatan PPL PPG UNTIRTA Kategori 2 semoga bermanfaat. Terima kasih