Mohon tunggu...
Marhento Wintolo
Marhento Wintolo Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Ayur Hyipnoterapi dan Ananda Divya Ausadh

Praktisi Ayur Hypnotherapy dan Neo Zen Reiki. Menulis adalah upaya untuk mengingatkan diri sendiri. Bila ada yang merasakan manfaatnya, itupun karena dirinya sendiri.....

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Berdermalah dengan Tepat

10 Agustus 2021   09:09 Diperbarui: 10 Agustus 2021   09:35 62 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berdermalah dengan Tepat
.anandkrishna.net

Derma bukan hanya uang

Banyak orang mungkin beranggapan bahwa berderma tidak susah. Bukankah tinggal bagi duit atau bantu orang dengan tenaga? 

Jika kita menyimak pesan leluhur yang ada dalam buku Dvipantara Dharma Sastra yang dikompilasi dan transkreasi oleh Anand Krisna, www.booksindonesia.com, kita akan berpikir ulang. 

Derma utama adalah Derma " Abhaya " - membuat sesama makhluk bebas dari rasa takut, dengan cara tidak menyakiti siapa pun. Seseorang yang berderma demikian, sudah pasti terbebaskan pula dari rasa takut dan dicintai oleh sesama makhluk.

 

Membuat orang lain bebas dari rasa takut menjadikan Derma yang utama. Sebelum kita berbagi sesuatu, kita harus mengalaminya terlebih dahulu sehingga yang kita bagikan berguna. Tanpa kita mengalaminya terlebih dahulu sama saja kita berbohong. 

Kita menasehati sesuatu yang kita belum meyakini bahwa yang kita bagikan benar-benar bermanfaat. 

Hanya dengan terbebaskan dari rasa takut kita bisa menjadi manusia bahagia. Rasa takut terhadap segala hal. Takut tidak diakui sebagai orang pintar atau pandai telah membentuk seseorang mencari segala cara untuk menjadi pintar. Bila ia menggunakan cara yang tepat, ia banyak membaca buku dan berdiskusi dengan orang yang pintar juga. 

Tetapi bila ia berbuat secara tidak  tepat akan mencari jalan pintas buruk. Atau yang sekarang sedang ngetrend dengan konten YouTube, kadang melakukan sesuatu yang berbahaya terhadap dirinya atau bahkan terhadap orang lain; misalnya dengan membawa kendaraan secara ugal-ugalan. Hanya demi konten videonya agar banyak ditonton.

Derma "Abhaya"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan