Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lionel Messi Gagal Penalti tapi Argentina Lolos ke 16 Besar

1 Desember 2022   05:56 Diperbarui: 1 Desember 2022   15:07 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lionel Messi gagal menembak penalti di laga melawan Polandia (Foto AFP/Juan Mabromata via Kompas.com). 

Lionel Messi memang gagal mencetak gol dari tendangan penalti pada laga menghadapi Polandia, tetapi Argentina berhasil meraih juara grup C untuk melaju ke fase sistem gugur. 

Argentina akhirnya berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 setelah mereka menang 2-0 atas Polandia, Kamis (1/12/22) dini hari WIB di Stadium 974. 

Dua gol kemenangan Tim Tango hasil tembakan Alexis Mac Allister dan Julian Alvarez pada babak kedua. Dua sosok yang membawa skuad Argentina keluar dari kesulitan di babak fase grup ini. 

Sungguh ini adalah kemenangan sangat penting bagi skuad asuhan Lionel Scaloni. Hal ini karena laga melawan Polandia merupakan titik kritis dan kunci yang menentukan nasib Argentina menghadapi laga-laga selanjutnya di Piala Dunia 2022. 

Sebenarnya Argentina bisa unggul satu gol pada menit ke-39 melalui tembakan penalti. Namun LionelMessi gagal menunaikan tugasnya.

Kiper Polandia yang bermain di Juventus, Wojciech Szczesny dengan gemilang menyelamatkan tendangan penalti Messi di babak pertama tersebut. Merupakan pukulan berat bagi Messi dan skuadnya.

La Albiceleste mendapat hadiah penalti enam menit sebelum jeda ketika Szczesny dianggap telah melanggar Messi. VAR sempat melakukan review momen pelanggran tersebut. 

Tetapi penjaga gawang Juventus itu menebus kesalahannya dengan upaya penyelamatan yang luar biasa. Kinerjanya patut mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Sebelumnya dengan gemilang Szczesny juga berhasil menahan tembakan penalti Al Dawsari dari Arab Saudi ketika Polandia bertemu Arab Saudi padalaga keduanya. 

Pada laga malam itu menghadapi Argentina, dia juga melakukan refleks yang luar biasa untuk mementahkan tembakan Messi. Laga malam itu harus berakhir tanpa gol hingga turun minum. 

Kegagalan Messi ini mencatatkan dirinya menjadi pemain kedua yang gagal mencetak gol dengan dua tendangan penalti di Piala Dunia sejak edisi tahun 1966. Messi bersama dengan Asamoah Gyan dari Ghana yang gagal dua kali pada edisi tahun 2010.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun