Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Curacao Baru Tahu "Sentuhan Ajaib" Shin Tae-yong

25 September 2022   06:54 Diperbarui: 25 September 2022   08:57 513 26 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shin Tae yong bersama pelatih Curacao, Remko Bicentini dalam acara jumpa pewarta (Foto PSSI). 

Curacao sebuah negara di Kepulauan Karibia mendadak saja menjadi perbincangan banyak orang di negeri kita. Hal itu terjadi ketika Timnas mereka menghadapi Timnas Garuda dalam dua laga FIFA Matchday. 

Sebelumnya masyarakat sepak bola kita sama sekali tidak mengenal nama Curacao. Negara ini baru saja berdaulat memiliki hak kemerdekaannya, kendati masih di bawah pengaruh Kerajaan Belanda.

Curacao menjadi negara yang masih berusia muda, setelah memisahkan diri dari Antilles Belanda pada 10 Oktober 2010 lalu. Usia yang masih muda karena baru 12 tahun merdeka.

Memiliki wilayah kecil dengan luas hanya 444 km persegi. Begitu pula mereka hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 155 ribu saja. Dengan jumlah penduduk yang sedikit itu, mereka memiliki tim sepak bola yang hebat. 

Coba lihat Curacao adalah negara yang memiliki Timnas dengan ranking FIFA, 84 Dunia, jauh di atas Indonesia yang ada di posisi 155 Dunia. 

Agenda FIFA Matchday selama di Indonesia mereka berhadapan melawan tuan rumah Timnas Garuda dalam dua laga di dua kota yang berbeda yaitu Bandung dan Kabupaten Bogor. 

Pada laga perdananya, Curacao harus mengakui keunggulan Timnas Garuda dengan 3 gol berbalas 2 gol. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (24/9/22). 

Pertemuan kedua Timnas Indonesia menghadapi tamu mereka, Curacao berlanjut pada Selasa (27/9/22) di Stadion Pakansari Bogor. 

Bagi skuad Garuda, dua laga ini adalah sangat penting dalam rangka menambah pengalaman bertanding menghadapi tim dengan peringkat FIFA yang lebih tinggi. 

Hal tersebut juga sekaligus untuk upaya mengangkat peringkat FIFA Timnas Garuda. Karena bagaimanapun peringkat FIFA menjadi penentu posisi pot dalam undian setiap mengikuti turnamen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan