Mohon tunggu...
AkiHensa
AkiHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sosok Elkan Baggott Bek Tengah Klub Inggris, Membuat Kokoh Pertahanan Timnas Garuda

11 November 2021   07:05 Diperbarui: 11 November 2021   11:06 459 25 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Elkan Baggott, bek tangah Timnas Garuda (Foto PSSI.org). 

Elkan William Tio Baggott  adalah pemain Timnas Garuda yang bermain di kompetisi Liga Inggris League 1 memperkuat klub Ipswich Town. Baggott adalah sosok pemain berdarah Indonesia-Inggris yang lahir di Bangkok, 23 Oktober 2002. 

BACA JUGA ARTIKEL PILIHAN : Shin Tae-yong Bawa Timnas Garuda Senior Tanding Internasional di Turki. 

Pemuda ini walaupun lahir di Thailand tetapi dibesarkan di Inggris dari sejak kecil hingga beranjak remaja. Darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya adalah berasal dari Ibunya. 

Baggott setelah berusia 18 tahun memutuskan untuk memilih menjadi WNI mengikuti kewarganegaraan Ibunya. Bahkan baru saja menyelesaikan urusan administrasi kependudukannya di Jakarta dan resmi sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk Indonesia. 

Karir sepakbolanya di Inggris diawali pada tahun 2017 ketika Baggott yang saat itu berusia 15 tahun masuk Akademi Ipswich Town. Baggott dengan tinggi 194 cm sangat ideal berposisi sebagai bek tengah dalam tim. 

Dari data Transfermarkt.com (8/11/21), Elkan Baggott resmi dikontrak Ipswich Town sejak 1 Juli 2021 dan berakhir hingga 30 Juni 2023. Selama ini Baggott memperkuat Ipswich Town U-18 sebelum resmi dikontrak masuk skuad Ipswich Town U-23. 

Elkan Baggott menjalani debut di tim senior Ipswich Town menghadapi Gillingham dalam laga Grup J EFL Thropy, ajang Piala Liga Inggris untuk klub-klub di kasta kedua dan kasta ketiga. 

Saat itu Baggott bermain selama 90 menit pada Rabu (7/10/2020) dini hari WIB, turut membantu timnya menang dalam laga tersebut dengan skor 2-0. Clean sheet gawang Ipswich menjadi catatan prestasinya sebagai bek tengah malam itu. 

Debutnya bersama Timnas Garuda yaitu memperkuat Timnas Garuda U-19 di bawah asuhan pelatih asal Republik Korea, Shin Tae yong. Baggott melakukan debut pada 11 Oktober 2020 dalam dua kali uji tanding melawan timnas Makedonia Utara di Kroasia. 

Timnas U-19 Indonesia pun berhasil memenangi pertandingan tersebut dengan skor 4-1. Sedangkan pada laga kedua melawan tim yang sama berakhir dengan hasil seri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan