Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mampukah Spanyol Hentikan Italia? Jangan Remehkan Mereka

6 Juli 2021   06:40 Diperbarui: 6 Juli 2021   07:01 236 33 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Gli Azzurri Italia merayakan kemenangan mereka lolos ke semifinal Euro 2020 (Foto AFP/Ben Stansall via Kompas.com)

Spanyol tidak diunggulkan ketika mereka berhadapan dengan Italia dalam semi final Euro 2020, Rabu (7/7/21) pukul 02.00 WIB dini hari. Sementara tim Gli Azzurri asuhan Roberto Mancini yang sedang panas-panasnya diunggulkan dalam laga ini untuk lolos ke final. 

BACA JUGA : Hati-hati Inggris Jangan Terjebak Nyanyian "Football is Coming Home"

La Furia Roja masih belum menunjukkan ketajaman mereka dalam laga-laga yang sudah dijalani sepanjang turnamen ini. Menurut Luis Enrique, manajer Spanyol bahwa itu hal yang biasa kendati dia sudah berbuat yang terbaik. 

"Saya hanya pemimpin di luar lapangan. Pemimpin yang sebenarnya adalah para pemain yang bertanding di lapangan. Begitu juga pemain yang ada di bangku cadangan. Jika kami memenangkan pertandingan ini dan lolos ke final, maka itu akan sepenuhnya tergantung pada para pesepakbola kita ini."

Demikian kata Luis Enrique kepada UEFA.com (5/7/21) dalam jumpa pewarta sebelum laga semi final tersebut. Pernyataan Enrique yang menggambarkan pada kepercayaannya kepada kemampuan para pemain yang diasuhnya. 

Sebenarnya catatan 12 gol yang sudah dikemas dalam turnamen ini sama dengan total yang mereka cetak dalam memenangkan Euro 2008 dan 2012. Ketika itu mereka memiliki David Villa dan Fernando Torres. Juga ada Xavi Hernandes dan Andres Iniesta.  

Dalam dua laga terakhir mereka diajang Euro 2020 ini pasukan Luis Enrique hampir saja membuang keunggulan 3-1 ketika berhadapan melawan Kroasia. Untung saja dalam babak perpanjangan waktu mereka memenangkan laga ini. 

Laga perempat final, Spanyol harus menjalani adu penalti melawan Swiss dalam laga penuh dramatis. Pasukan Luis Enrique ini seperti sedang membangun karakter mereka seperti kejayaan masa lalu. 

Selama laga babak penyisihan grup, Swedia dan Polandia mereka lewati. Laga pamungkas grup juga mengalahkan Slovakia 5-0 untuk mencapai babak 16 besar. 

Catatan penting lainnya adalah keberhasilan Spanyol menyapu Italia 4-0 di final Euro 2012. Namun sejak itu kekuatan telah bergeser giliran Italia menyingkirkan La Roja dengan kemenangan 2-0 di babak 16 besar Euro 2016. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan