Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hari Pertama Suasana PPKM Darurat di Salah Satu Sudut Kabupaten Bandung

3 Juli 2021   14:19 Diperbarui: 3 Juli 2021   19:48 386 18 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hari Pertama Suasana PPKM Darurat di Salah Satu Sudut Kabupaten Bandung
PPKM Darurat berlaku mulai 3-20 Juli 2021 (Foto ANTARA/Aprillio Akbar via Kompas.com) 

Tepat pukul 00.01 WIB Sabtu 3 Juli 2021, resmi diberlakukan PPKM Darurat. Pembatasan Pergerakkan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini akan berlangsung hingga 20 Juli 2021. 

BACA JUGA : Sebuah Keputusan

Pemberlakuan diterapkan di seluruh Pulau Jawa dan Bali. Ada teman-teman di Bandung berseloroh, PPKM berlaku di Bali dan Jawa, ini tidak termasuk Sunda katanya. Tah eta aya aya wae. Bercanda perlu juga. Biar bisa meningkatkan imunitas. 

Presiden Jokowi menyebutkan pembatasan kegiatan masyarakat yang terdapat di PPKM Darurat akan lebih ketat dibandingkan PPKM Mikro.

Selama PPKM Darurat ini, transportasi umum seperti angkutan massal, taksi baik konvensional maupun online, dan kendaraan rental diterapkan aturan dengan kapasitas maksimal 70 persen dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Begitu pula dengan aturan yang diperketat bagi para penumpang yang akan melakukan perjalanan jarak jauh. Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi jarak jauh (pesawat, bus, kereta api) harus menunjukkan kartu vaksinasi, minimal vaksinasi dosis pertama.

Syarat wajib lainnya adalah Dokumen hasil tes swab PCR (H-2) untuk pesawat, serta antigen (H-1) untuk moda transportasi jarak jauh tersebut. 

Bagaimana suasana di lapangan dengan penerapan PPKM Darurat di Kabupaten Bandung? Mari kita simak liputan di salah satu sudut kegiatan masyarakat di Kabupaten Bandung, yaiutu kawasan Taman Kopo Indah dan perbatasan kota area Pasar Cibolerang. 

Lalu lintas pada siang hari sekitar pukul 12.30 WIB hari pertama terlihat normal. Sabtu akhir pekan umumnya lumayan padat dengan lalu lintas dari arah Kodya Bandung, mungkin dari luar kota. 

Bahkan di perbatasan menuju Kota Bandung yaitu jembatan tol arah Pasar Coborelang Kodya Bandung, lalu lintas terlihat sepi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan