Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Memahami Kata untuk Memberikan Nilai Sebuah Artikel di Kompasiana

5 Juni 2021   17:16 Diperbarui: 5 Juni 2021   17:25 196 22 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Kata untuk Memberikan Nilai Sebuah Artikel di Kompasiana
Ilustrasi Foto by Wowkeren.com

Ada pilihan nilai untuk sebuah artikel yang tayang di Kompasiana yaitu Aktual, Bermanfaat, Inspiratif, Menarik, Tidak Menarik, Menghibur dan Unik. Ada tujuh nilai namun belakangan nilai TIDAK MENARIK sudah dihapus oleh Admin Kompasiana. 

Tidak tahu juga kenapa Admin Kompasiana sudah memutuskan untuk menghilangkannya. Mungkin berdasarkan usulan Prof Felix yang pernah menulis usulan agar rate TIDAK MENARIK dihilangkan saja.  

Tapi yang jelas rate tersebut kini sudah tidak ada dalam pilihan rating sebuah artikel yang tayang di Kompasiana. Sejujurnya rate TIDAK MENARIK itu sudah mencederai sebuah etika bagi rasa hormat sesama Kompasianer.

Rasa hormat sesama penulis adalah nilai luhur dari sebuah kepribadian dan karakter terpuji. Sesama Kompasianer yang berdiam dalam satu atap Rumah Bersama ini, rasa hormat satu sama lain adalah keniscayaan. 

Kini rate yang tersisa tinggal enam seperti yang disebutkan di atas. Para Kompasianer bisa memilih salah satu rate yang telah disediakan tersebut. 

Saya tidak paham apakah urutan rate yang disediakan tersebut berdasarkan urutan peringkat. Berturut-turut peringkat tertinggi AKTUAL dan terendah UNIK. Atau kebalikannya UNIK level tertinggi dan AKTUAL level terendah. Tampaknya tidak menunjukkan suatu peringkat.  

Jika menyimak arti harfiah dari rate tersebut, maka kata yang tertera tersebut memiliki arti yang tidak menunjukkan peringkat tertentu. Karena memiliki arti masing-masing yang tidak berhubungan satu sama lain. 

Sesungguhnya saya tidak begitu percaya diri menguraikan arti kata dari rate yang ada tersebut karena saya tidak memiliki kompetensi dalam bidang keahlian Bahasa. Ingin rasanya mencolek Kompasianer Daeng Khrisna yang hingga saat ini masih bertapa. 

Kendati demkian marilah kita simak arti kata-kata tersebut menurut KBBI yang menjadi pedoman kita berbahasa Indonesia. 

AKTUAL 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN