Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Memahami Diri di HadapanNya adalah Ajaran Inti Seusai Ramadan

18 Mei 2021   14:27 Diperbarui: 18 Mei 2021   15:01 160 21 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Diri di HadapanNya adalah Ajaran Inti Seusai Ramadan
Ilustrasi Foto by Istockphoto

Gema Takbir usai Ramadan itu masih akan terus membekas dalam setiap sanubari insan yang berhasil meraih kemenangannya. Hari Lebaran adalah tuntas segala belenggu dosa dan kesalahan kepada sesama dan kepada Yang Maha Pencipta. 

BACA JUGA : Kembali ke Fitrah, Makna Terdalam Sebuah Kemenangan

Selama bulan Ramadan itu semua ibadah dijalani dengan penuh khusyu. Penuh dedikasi yang total kepada Yang Maha Kuasa. Dikekangnya semua nafsu syahwat. Bukan hanya sekedar menahan nafsu makan dan minum saja. 

Pengendalian dan mampu menahan diri ini adalah poin penting dalam menjalani puasa selama sebulan penuh. Faktor ini telah memampukan diri untuk melihat kehidupan yang sebenarnya. 

Kehidupan dunia adalah kondisi obyektif saat ini yang sedang dijalani sebelum meninggalkannya menuju alam lain. Apapun isi kehidupan yang dihadapi sebelum meninggal, adalah kehidupan duniawi. Kecuali ilmu pengetahuan dan marifat serta segala ilmu akhirat. 

Bagi yang memiliki mata hati, apa yang ada setelah kematian merupakan wahana kenikmatan. Wahana yang seringa kali terlupakan karena tertutup oleh kecintaan atas Dunia. 

Mari mencoba untuk memahami diri di hadapanNya. Memahami kehadiran yang lahir atas kehendakNya. Tanpa Yang Maha Ada, kita tidak akan dikehendaki untuk ada. 

Gema Takbir itu adalah wujud yang sangat nyata tentang kebesaranNya yang harus diakui dengan penuh kejujuran oleh seorang hamba. Allah Maha Besar, Maha Berkuasa atas segala sesuatu. KekuasaanNya meliputi langit dan bumi dan di antara keduanya. 

Jika kita mampu memahami diri dengan penuh rasa jujur, maka jalan ma'rifat akan terbuka lebar langsung menuju pintu langitNya. Itu adalah jalan taqwa sebagai muara semua ibadah dalam bulan Ramadan. 

Hamba yang mengenal dirinya maka dia akan mengenal Tuhannya. Mereka yang mengenal perhiasan dunia dan mengenal pula akhirat, maka akan disaksikan dengan cahaya jiwa bahwa sesungguhnya kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dari dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN