Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Lima Tahun Klopp di Liverpool, Inspirasi bagi Garuda Muda

10 Oktober 2020   06:45 Diperbarui: 10 Oktober 2020   09:01 154 30 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Tahun Klopp di Liverpool, Inspirasi bagi Garuda Muda
Lima tahun Klopp di Liverpool (Foto AFP/Paul Ellis) 

Saat kita membaca judul tersebut langsung akan mengundang tanya. Ada hubungan apa Garuda Muda dengan Juergen Klopp dan Liverpool? Hubungannya tentang bagaimana sepakbola  itu dikelola.

Klopp bersama semua jajaran asisten pelatihnya sudah berbenah dalam pembinaan skuad Liverpool selama 5 tahun. Klopp mulai hadir di Liverpool pada 8 Oktober 2015, sehingga Kamis yang lalu adalah momen ulang tahun ke-5 Klopp membina Liverpool di Pusat Pelatihan, Melwood.

BACA JUGA : Pelajaran 7 Gol Berharga dari Aston Villa untuk Liverpool

Mantan bos FSV Mainz 05 dan Borussia Dortmund itu telah membawa Liverpool meraih empat trofi utama, termasuk Piala Eropa keenam dan gelar liga pertama selama tiga dekade.

Sebelum menyeberang ke Inggris, Klopp selama 7 tahun bersama Bosrussia Dortmund. Dia berhasil meraih dua trofi Liga Jerman dan sebuah trofi German Cup winner.

Pada tahun pertama menangani Liverpool, Klopp hanya membawa The Reds diurutan ke-8 Premier League dengan total 60 poin. Saat itu juaranya adalah Leicester City.

Pada tahun kedua bersama Liverpool, Klopp membawa tim asuhannya ke urutan 4 di bawah City, Spurs dan Sang Juara Chelsea. Tahun ketiga, Liverpool bertahan masuk 4 besar.

Pada tahun ke-4, Klopp berhasil membawa The Reds hampir juara. Mereka terus memimpin hingga Desember akhir tahun namun tergelincir di bulan Januari 2018. 

Liverpool berada diposisi kedua dengan 97 poin di bawah juara Manchester City dengan 98 poin. Hanya selisih satu poin menunjukkan persaingan mereka sangat ketat.

Baru pada tahun ke-5, Liverpool akhirnya meraih juara dengan total 99 poin. Trofi juara ini sangat bersejarah karena selama 30 tahun The Reds kering prestasi di kompetisi Liga Primer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN