Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Mengenal Dua Sosok Penting bagi Jurgen Klopp di Balik Sukses Liverpool

23 Maret 2020   05:07 Diperbarui: 23 Maret 2020   06:45 188 16 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Dua Sosok Penting bagi Jurgen Klopp di Balik Sukses Liverpool
Klopp diapit Lijnders dan Krawietz (Foto Thisianfield.com)

Sejauh ini Liverpool dibawah asuhan Jurgen Klopp berhasil meraih trofi Liga Champions 2019, Piala Super Eropa 2019 dan Piala Dunia klub FIFA 2019. Tiga piala yang sangat tinggi gengsinya dalam kancah sepakbola Eropa dan Dunia.

Bagi Klopp selama melatih Liverpool hanya tinggal satu gelar lagi yang belum didapatkannya yaitu juara Premier League. Tahun 2020 ini kesempatan tersebut terbuka ketika hingga laga ke-29 kompetisi Liga, Liverpool masih memimpin klasemen dengan 82 poin, selisih 25 poin dengan pesaing mereka, Manchester City diposisi kedua dengan 57 poin.

Performa Liverpool sejauh ini bisa dikatakan sangat impresif terlepas dari kegagalan mereka mempertahankan gelar Liga Champions tahun lalu setelah kalah dari Atletico di 16 besar. Dalam penampilan dan prestasi Liverpool selama ini mungkin banyak yang tidak tahu ada dua sosok yang sangat berperan penting membantu kinerja Jurgen Klopp. Mereka adalah Peter Krawietz dan Pepijn Lijnders. Siapakah sosok-sosok tersebut? Mari kita simak ulasan di bawah ini.

Peter Krawietz

Jurgen Klopp dan Peter Krawietz pertama kali bertemu di klub Bundesliga, Mainz 05. Krawietz saat itu menjabat sebagai chief scout , dan mereka telah bekerja sama bahu membahu memajukan Mainz 05. Demikian pula ketika Klopp menjadi manajer Borussia Dortmund, Krawietz menjadi asisten manajer. Pada tahun 2015 ketika Jurgen Klopp bergabung dengan Liverpool, Peter Krawietz ikut bersamanya untuk mengambil peran sebagai asisten manajer (Transfermarkt.com 17/3/20).

Meskipun tidak pernah bermain sepakbola secara profesional, sosok berusia 48 tahun itu adalah sosok yang menonjol dalam menerapkan pelatihan dalam klub. Keahlian Krawietz dalam mencari talenta dan analisis pertandingan sehingga membuatnya mendapatkan julukan 'The Eye' Jurgen Klopp.

Peter Krawietz lahir di Mainz 31 Desember 1971. Kerja sama kedua sosok asal Jerman ini sudah banyak membuktikan prestasi Liverpool. Mereka sudah lama bekerja sama sejak di Mainz dan Dortmund sehingga sudah saling mengenal serta kompak dalam melakukan kolaborasi satu sama lain. Saat ini mereka dikontrak oleh manajemen The Reds hingga 2024.

Pepijn Lijnders

Lijnders adalah sosok 37 tahun asal Belanda yang berkarir sebagai pelatih pertama kali bersama PSV Eindhoven tahun 2003 sebagai Technical coach. Di sana dia bekerja selama lima musim, sebelum bertugas selama tujuh tahun di FC Porto Portugal.

Pepijn Lijnders kembali ke Liverpool FC dalam perannya sebagai asisten tim Liverpool senior. Lijnders mulai bahu membahu bersama Jurgen Klopp pada musim panas 2018. Sebelumnya, pelatih asal Belanda itu telah menghabiskan satu musim sebagai pelatih U16 di Akademi Liverpool selama satu musim. Kemudian  mengambil posisi sebagai pelatih pengembangan di tim utama pada tahun 2015 (Transfermarkt.com 17/3/20).

Setelah membantu mengawasi kemajuan pemain muda Liverpool seperti Trent Alexander-Arnold dan Ben Woodburn, ia menerima tantangan pertamanya sebagai manajer dengan klub Belanda, NEC Nijmegen pada Januari 2018. Tercatat 22 laga dilalui bersama NEC Nijmegen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN