Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Premier League Darurat Pandemi Covid-19, Penundaan Berlanjut Hingga Akhir April

21 Maret 2020   03:56 Diperbarui: 21 Maret 2020   04:02 35 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Premier League Darurat Pandemi Covid-19, Penundaan Berlanjut Hingga Akhir April
Virgil van Dijk (Foto Premierleague.com) 

Seluruh kompetisi sepak bola Inggris termasuk Premier League ditunda hingga 30 April 2020 mendatang untuk mencegah penyebaran virus corona. Sebelumnya jadwal pertandingan semua kompetisi sepak bola di Inggris ditangguhkan hingga 4 April 2020.

Seluruh ajang sepak bola di Inggris seperti Premier League, FA (Football Association) dan EFL (English Football League) menyetujui penundaan tersebut karena virus corona dianggap telah mengganggu kehidupan. Keputusan ini merupakan hasil rapat darurat yang melibatkan 20 perwakilan klub Premier League lewat telekonferensi via video call.

Sementara itu Federasi Sepakbola Eropa, UEFA sudah lebih dulu menunda Piala Eropa 2020 selama setahun menjadi tahun 2021. Hal ini dilakukan sebagai komitmen bagi semua kompetisi domestic di Eropa bisa mengakhiri semua musim kompetisi mereka pada 30 Juni 2020 seperti dirilis oleh UEFA.com (17/3/20).

Semua otoritas sepakbola di Eropa mendukung sepenuhnya UEFA dalam menunda EURO 2020. Karena hal itu menciptakan ruang dalam kalender untuk memastikan pertandingan liga dan piala klub domestik dan Eropa memiliki peluang yang lebih besar untuk dituntaskan. Dengan demikian hal itu sekaligus menjaga integritas setiap kompetisi.

Mark Bullingham (Foto Skysports.com) 
Mark Bullingham (Foto Skysports.com) 

Ketua eksekutif Asosiasi Sepakbola (FA), Mark Bullingham menjelaskan kepada Skysports.com (17/3/20) bahwa prioritas semua orang adalah untuk menyelesaikan musim ini, menyusul penundaan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Kejuaraan Piala Eropa musim panas ini.

"Prioritas setiap orang adalah untuk menyelesaikan musim ini. Itulah salah satu alasan utama dengan menunda Euro. Jika virus terkendali, akan ada peluang untuk berpotensi menyelesaikan musim. Saat ini, kami tidak tahu apa yang akan terjadi. Kami sedang merencanakan setiap kemungkinan, sehingga kami dapat bereaksi. Namun yang paling penting saat ini adalah kesehatan masyarakat.”Demikian kata Bullingham kepada Skysports.com (19/3/20).

Menurut Premierleague.com (19/3/20) bahwa regulasi dari Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) membatasi bahwa seluruh kompetisi berakhir pada 1 Juni 2020. Namun saat ini Dewan FA membuat keputusan baru bahwa kompetisi berakhir tanpa batas waktu. Apalagi setelah penundaan kejuaraan Euro 2020 pada musim panas ini semakin membuka peluang bagi kompetisi domestik menyelesaikan seluruh kegiatannya pada Juni 2020.

Saat ini kemajuan pencegahan Covid-19 masih belum bisa diprediksi. Suatu hal yang paling penting adalah meyakinkan semua orang tentang kesehatan dan kesejahteraan pemain, staf, dan pendukung adalah prioritas utama.

“Kami akan terus mengikuti saran Pemerintah dan bekerja secara kolaboratif untuk menjaga agar situasi tetap terkendali. Mengeksplorasi semua opsi yang tersedia untuk menemukan cara untuk melanjutkan musim ketika kondisi memungkinkan.” Demikian pernyataan bersama dari FA (Football Association), Liga Primer (Premier League) dan EFL (English Football League) seperti dirilis Thefa.com (19/3/20).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN