Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hanya Selangkah Lagi Garuda Muda Menuju Semifinal SEA Games 2019

4 Desember 2019   11:42 Diperbarui: 4 Desember 2019   11:50 0 8 2 Mohon Tunggu...
Hanya Selangkah Lagi Garuda Muda Menuju Semifinal SEA Games 2019
Egy Maulana Vikri (Foto PSSI.org)

Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di grup B benar-benar harus melewati ujian yang tidak mudah. Usai mengalami kekalahan 1-2 dari Vietnam dalam matchday 3, Garuda Muda dituntut untuk menang dengan skor besar melawan Brunei pada laga ke-4 untuk mengamankan persaingan dengan Thailand dan Vietnam yang memiliki surplus gol yang besar. Indonesia masing-masing menang 2-0 atas Thailand dan Singapura dan kalah 1-2 dari Vietnam sehingga produktivitas surplus 3 gol, jauh lebih kecil dari Vietnam (12 gol) dan Thailand (8 gol).

Kondisi cuaca di Filipina dengan angin kencang dan hujan menyulitkan pemain untuk bisa mengontrol dan passing bola. Namun akhirnya keberuntung berpihak kepada para pemain yang masih bisa tampil tenang dan mendapatkan kemenangan 8-0 atas Brunei Darussalam pada laga yang digelar di Stadion Binen, Filpina, Selasa (3/12) malam.

Indra Sjafri menyambut gembira kemenangan ini dengan memberikan keterangan kepada situs resmi Federasi, PSSI.org (3/12/19) :

"Kita bersyukur bisa mendapatkan kemenangan besar yang memang kita targetkan. Terlebih kita bermain dalam kondisi cuaca yang tidak normal karena angin bertiup sangat kencang sepanjang pertandingan. Kemenangan ini tentu membuat semangat pemain kian berkobar untuk menghadapi laga selanjutnya," kata Indra Sjafri usai laga malam itu.

Penampilan Garuda Muda cukup mengesankan. Mereka bermain tanpa beban terutama setelah gol pertama lahir dimenit ke-11 dari kaki Osvaldo Haay. Gol ini merupakan kerja sama yang apik dari umpan Saddil Ramdani dari sisi kiri pertahanan Brunei.

Sejak gol cepat ini permainan Inodnesia semakin cair. Lini tengah yang diperkuat Syahrian Abimanyu dan Evan Dimas benar-benar menguasai area ini. Sementara Zulfiandi kokoh sebagai breaker dalam menjaga keseimbangan transisi. Permaianan didominasi sepenuhnya oleh skuad Garuda Muda. Brunei sendiri patut diberikan acungan jempol karena mereka tetap bermain terbuka.

Egy Maulana Vikri dan Osvaldo kembali menambah gol sehingga sampai dengan turun minum Indonesia sudah unggul 3-0.  Pada babak kedua kembali Osvaldo Haay mencetak gol sekaligus menjadi bintang kemenangan timnas Indonesia dengan tiga gol. Sementara lima gol lainnya disumbang Egy Maulana Vikri pada menit ke-40 dan ke-81, Sadil Ramdani menit ke-49, Witan Sulaeman mneit 68 dan  Andy Setyo pada menit ke-78.

Hattrick dalam laga melawan Brunei ini, Osvaldo untuk sementara menempati daftar pencetak gol terbanyak SEA Games 2019 dengan 5 gol sama seperti pemain Vietnam, Ha Duc Chinh (Goal.com 3/12/19).  

Dengan kemenangan 8 gol atas Brunei ini, Indonesia menggeser posisi Thailand diperingkat kedua dengan 9 poin. Garuda Muda unggul selisih gol, surplus 11 gol dari Thailand yang hanya surplus 10 gol. Posisi puncak klasemen masih dipegang Vietnam yang pada saat bersamaan menang 1-0 atas Singapura. Pada laga terakhir Vietnam akan jumpa Thailand dalam laga hidup mati sedangkan Indonesia bertanding melawan Laos yang sudah tersisih.

Pada matchday terakhir grup B, Kamis (5/12/19), Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan lagi atas Laos untuk mengamankan peluang lolos ke semi final. Selamat berjuang Garuda Muda. Bravo Merah Putih.

Salam hangat @hensa

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x