Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Antara Luis Milla dan Shin Tae yong di Tengah Gemuruh Suporter di Bukit Jalil Stadium

19 November 2019   03:22 Diperbarui: 19 November 2019   03:28 0 14 9 Mohon Tunggu...
Antara Luis Milla dan Shin Tae yong di Tengah Gemuruh Suporter di Bukit Jalil Stadium
Luis Milla saat melatih Timnas Garuda (Foto PSSI.org)

 

Tiket untuk pertandingan Grup G Malaysia melawan Indonesia sudah terjual habis. Paling tidak sekitar 80.000 penggemar Tim tuan rumah sudah siap memberi dukungan untuk Harimau Malaya melawan rival mereka di Asia Tenggara, Timnas Garuda. Suporter Indonesia sendiri hanya disediakan tiket untuk 4500 orang.

Menurut jadwal dari The AFC.com (17/11/19), Malaysia dan Indonesia akan saling berhadapan dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 matchday 5 pada Selasa (19/11/19) di Stadion Bukit Jalil mulai pukul 19.45 WIB. Laga ini sangat penting bagi kedua tim. Terutama bagi Indonesia yang sangat butuh poin karena dalam 4 laga sebelumnya menderita kekalahan 2-3 dari Malaysia, 0-3 dari Thailand, 1-3 dari Vietnam dan 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Sementara itu tuan rumah Malaysia sangat membutuhkan kemenangan untuk memperbaiki peluang mereka setelah pekan lalu mereka berhasil dengan kemenangan 2-1 atas Thailand di Stadion yang sama.  Pada laga pertama Malaysia mengalahkan Indonesia 3-2 ketika kedua tim bertemu di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada bulan September yang lalu.

Hingga matchday 4, Vietnam masih memimpin grup G dengan 10 poin disusul Thailand di tempat kedua dengan 7 poin. Malaysia dan Uni Emirat Arab dengan masing-masing 6 poin ada di posisi berikutnya dan Indonesia juru kunci tanpa poin (The AFC.com 17/11/19).   

Timnas Garuda menghadapi laga ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Empat kekalahan mereka sebelumnya menjadi beban tersendiri bagi para pemain. Namun mungkin juga bisa menjadi motivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Ditambah lagi dengan masa transisi kepelatihan seiring dipecatnya Pelatih Kepala Simon McMenemy yang dianggap telah gagal oleh PSSI.

Ini adalah kendala serius bagi skuad Garuda yang saat ini ditangani oleh Caretaker Pelatih Yeyen Tumena dan Joko Susilo. Kendati demikian para pemain dalam beberapa hari berada di Malaysia selalu fokus berlatih menghadapi laga krusial ini. Mereka tetap semangat melahap semua materi latihan yang diberikan Yeyen Tumena beserta stafnya.

Laga di Stadion Bukit Jalil ini menjadi sangat penting selain harapan kemenangan bagi Timnas Garuda juga laga ini akan disaksikan oleh kandidat pelatih pengganti Simon. 

Ada dua kandidat yang rencananya menyaksikan laga tersebut yaitu Luis Milla pelatih asal Spanyol dan Shin Tae Yong asal Korea Selatan. Ternyata Luis Milla berhalangan hadir di Bukit Jalil karena bentrok dengan jadwal lainnya namun demikian dia akan bertemu PSSI pada pekan depan di Singapore.

Shin Tae Yong, Pelatih berusia 50 tahun ini adalah salah satu kandidat terkuat sementara ini. Dia akan memberikan pemaparan tentang program kepelatihannya kepada pengurus PSSI di Malaysia. Dia juga akan hadir menyaksikan secara langsung laga Timnas Garuda melawan Malaysia.

Pada kesempatan terpisah, Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menegaskan bahwa pihaknya tidak asal mengontrak pelatih untuk timnas Indonesia. PSSI akan mengevaluasi semua kandidat dengan obyektif dan transparan untuk menentukan pilihan terbaik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x