Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sebuah Gol Penting bagi Zinedine Zidane

23 Oktober 2019   05:42 Diperbarui: 23 Oktober 2019   06:31 175 25 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebuah Gol Penting bagi Zinedine Zidane
Zidane (Foto Getty Images) 

Real Madrid patut bernafas lega ketika akhirnya mereka mendapatkan sebuah kemenangan dalam laga matchday 3 Liga Champions. Mereka berhasil menang 1-0 atas tuan rumah Galatasaray di Ali Sami Yen Spor Kompleksi -- Istanbul, Rabu (23/10/19) dini hari WIB.

Satu-satunya gol dicetak oleh Tony Kroos pada menit ke-18. Kroos melakukan tembakan dengan kaki kanannya dari bagian tengah kotak penalti ke sudut kanan atas gawang Galasaray umpan akurat dari Eden Hazard. Khusus laga ini bagi Kroos, merupakan laga yang ke-100 dalam ajang kompetisi UEFA.

Gol ini memiliki arti yang sangat penting bagi Zidane mengingat hari-hari terakhir ini dirinya sedang dalam suasana rumor digantikan oleh Mourinho jika gagal memenangkan laga melawan Galatasaray. Selain itu kemenangan tersebut menurut UEFA.com (23/10/19), mengangkat Real Madrid ke posisi dua dalam klasemen grup A di bawah Paris Saint Germain (PSG) yang memiliki poin sempurna dengan 3 kemenangan.

Zidane menurunkan starter dengan formasi 4-3-3 seperti dilansir Skysports.com (22/10/19). Menempatkan Thibout Courtois di posisi penjaga gawang. Kuartet bek teridiri dari Marcelo, Carvazal di full back. Sergio Ramos dan Raphael Varane sebagai duet bek tengah. Mereka demikian kokoh mempertahankan gawang dari kebobolan.

Trio lini tengah yang sangat mobil menguasai area vital ini dipercayakan kepada Toni Kroos, Casemiro dan Valverde. Mereka menunjang penuh trio lini depan yang terdiri dari Rodrygo, Eden Hazard dan Karim Benzema.

Dari catatan UEFA.com (23/10/19), pasukan Zidane ini memang tidak mendominasi permainan karena hanya menguasai 46 persen ball possession. Mereka memiliki 14 tembakan tepat sasaran dan 13 tembakan lainnya off target. Badningkan dengan Galatasaray yang hanya memiliki 3 tembakan on target dan 9 tembakan lainnya tidak tepat sasaran.

Rasa gembira Zinedine Zidane menyambut kemenangan ini sangat wajar. Usai laga tersebut kepada UEFA.com (23/10/19)  Zidane berkata : "Kami bertahan dengan sangat baik dan menyerang dengan sangat baik. Kami harus menghasilkan kinerja yang hebat dan kami telah melakukan hal itu."

Apa yang telah ditorehkan Madrid di Istanbul membuktikan bahwa mereka benar-benar memiliki mental juara dan jam terbang yang tinggi di kancah Liga Champions. Hal yang masuk akal mengingat jaminan dari nama-nama yang ada di skuad Madrid seperti Sergio Ramos, Benzema, Toni Kroos, Marcelo dan Eden Hazard. Mereka adalah pemain-pemain yang sudah memiliki reputasi diajang Liga Champions.

Untuk sementara rasa lega dari skuad Real Madrid dengan raihan 4 poin dari satu kemenangan satu laga berakhir draw dan kekalahan dari PSG. Pencapaian yang sebenarnya tidak begitu mengesankan namun kemenangan pertama diajang ini merupakan titik balik Madrid untuk menyongsong laga berikutnya menjamu Galatasaray di matchday 4 pada 6 November 2019.

Selamat untuk Los Blancos dan Zinedine Zidane.

Salam hangat untuk Fans Madrid @hensa

VIDEO PILIHAN