Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kiprah Garuda Muda di Ajang U-16 Four Nations Tournament 2019 Qatar

28 Agustus 2019   11:59 Diperbarui: 28 Agustus 2019   12:38 0 18 9 Mohon Tunggu...
Kiprah Garuda Muda di Ajang U-16 Four Nations Tournament 2019 Qatar
Garuda U-16 di Qatar (Foto PSSI.org) 

Turnamen seperti ini akan berguna dalam mengasah kemampuan mental bertanding, kerja sama tim dan penerapan taktik permainan yang diinginkan oleh pelatih. Khususnya mengenai kolektivitas bermain dalam tim harus menjadi prioritas utama mengingat mereka masih sering menonjolkan permainan individu.

Kabar terbaru dari ajang U16 Four Nations Tournament 2019 di Doha, Qatar, Selasa (27/8), Timnas Garuda Muda berhasil mengalahkan Maladewa dengan skor 4-0. Gol-gol Indonesia dicetak oleh Wahyu pada menit 9 dan 89, Daffa pada menit 10 dan Marselino menit 73.

Ajang ini diikuti 4 negara yaitu Qatar sebagai tuan rumah, Jordania, Maladewa dan Indonesia. Pada laga perdana Minggu (25/8/19), anak-anak muda Garuda U-16 ini harus mengakui keunggulan tuan rumah Qatar dengan skor tipis 1-2. Walaupun kalah Garuda Asia, julukan akrab untuk skuad muda ini, dalam laga melawan Qatar menguasai pertandingan.

Gol Qatar dicetak oleh Alqhareeb menit ke-31 bertahan hingga turun minum. Pada babak kedua Athallah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-56. Namun akhirnya Qatar mendapat hadiah tendangan penalty menit ke-73 berhasil menjadi gol kemenangan oleh Al-Quraishi.

"Kemarin kita memang kalah lawan Qatar, tapi secara permainan kami sangat bangga dengan mereka. Kita bermain lebih baik dan hari ini Alhamdulillah kita mendapatkan hasil positif pada pertandingan tadi," kata Bima Sakti Tukiman usai laga melawan Maladewa, seperti rilis PSSI.org (28/8/19).

Bima boleh merasa lega karena permainan skuadnya tidak mengecewakan. Mereka sudah mulai percaya diri dalam menerapkan skema permainan yang diinginkan. Termasuk beberapa pemain yang baru bergabung, mereka bisa cukup cepat beradaptasi. Perkembangan yang sangat menggembirkan tinggal mengasah lebih matang tentang pemahaman taktik. Mereka harus punya pegangan opsi dan improvisasi dalam setiap pertandingan.

Turnamen ini merupakan uji coba bagi Garuda U-16 dalam rangka persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-16 di Jakarta 14 -- 22 September 2019. Indonesia bergabung di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina dan Kep Mariana Utara.

Rilis The AFC.com (14/8/19), jadwal laga Timnas U-15 dalam ajang ini yaitu melawan Filipina (16/9/19), Kep Mariana Utara (18/9/19), Brunei Darussalam (20/9/19) dan terakhir melawan China (22/9/19). 

Dalam menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-16 tersebut, Bima mengakui sudah memiliki kerangka tim pilihannya dan akan terus mematangkan. Kendati demikian Bima selalu menekankan bahwa semua pemain itu penting, tidak ada pemain inti atau cadangan. Semua berjuang demi negara dan bermain sesuai dengan kebutuhan tim. Siapa pun pemain harus siap untuk diturunkan dengan penuh tanggung jawab.

Sejauh ini Timnas Garuda Asia sudah mengikuti turnamen Piala AFF U-15 di Thailand dan  Boys Elite Football Tournament 2019 di Myanmar. Walaupun dalam dua turnamen tersebut Indonesia tidak meraih juara namun pengalaman mereka menghadapi pertandingsn sangat berharga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN