Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jelang Semifinal Lawan Thailand, Garuda Muda Butuh Pemain Bernyali Besar

7 Agustus 2019   08:14 Diperbarui: 7 Agustus 2019   09:51 118 11 6 Mohon Tunggu...
Jelang Semifinal Lawan Thailand, Garuda Muda Butuh Pemain Bernyali Besar
Garuda Muda (Foto PSSI.org) 

 

"Kita semua tahu ketika Indonesia dan Thailand bertemu di sebuah turnamen, kelompok umur berapa pun, pertandingan yang seru selalu tersuguh. Kami selalu siap berhadapan dengan tuan rumah. Thailand tim yang bagus dan sekarang punya keuntungan sebagai  tuan rumah, tapi bukan berarti mereka tidak bisa kita kalahkan." 

Demikian pernyataan Bima Sakti Tukiman yang dirilis website resmi Federasi, PSSI.org (5/8/19). Ini bukan sekedar pernyataan, memang merupakan kenyataan bahwa Thailand adalah musuh tangguh Timnas Garuda untuk segala usia. Laga diantara mereka juga akan menyuguhkan pertandingan yang ketat.

Pernyataan Bima tersebut juga mengisyaratkan bahwa skuadnya sudah siap dengan nyali besar menghadapi laga semi final ini. Pencapaian selama fase grup dengan raihan 4 kemenangan dan sekali draw merupakan modal berharga. Produktivitas 15 gol dan hanya kebobolan 1 gol selama fase grup adalah bukti ketajaman para penyerang Garuda Asia.

Terakhir pertemuan melawan Thailand terjadi dalam final Piala AFF U-16 tahun 2018 di Sidoarjo. Saat itu Timnas U-16 yang diasuh Fakhri Hussaini berhasil mengalahkan Gajah Perang dengan adu penalti setelah mereka bermain 1-1 pada waktu normal (Aseanfootball.org 6/8/19).  

Thailand U-15 (Foto The AFC.com) 
Thailand U-15 (Foto The AFC.com) 

Pada edsi Piala AFF U-15 tahun 2019, kembali Garuda U-15 menghadapi Thailand namun kali ini bertemu dibabak semi final. Laga ini bagi Tim Gajah Perang adalah wajib menang mengingat mereka adalah tuan rumah turnamen kali ini.

Pelatih Thailand U-15, Salvador Garcia menilai Indonesia adalah tim yang tidak bisa diremehkan. Garcia sudah mempelajari permainan Indonesia pada saat mereka bertanding di fase grup.  

"Siapapun lawan di semifinal, kami harus menemukan performa terbaik. Sama seperti ketika menghadapi Australia kemarin, Indonesia rasanya sama saja. Mereka adalah tim yang fokus mendominasi bola. Pemain Indonesia bisa mengikuti perintah pelatih dengan baik." Demikian kata Salvador Garcia di laman resmi FA Thailand.org (6/8/19).

Pengalaman Thailand saat ditahan imbang Malaysia menjadi catatan tersendiri bagi Salvador Garcia. Bagaimana Thailand  bermain baik di babak pertama saat  pertandingan melawan Malaysia dengan mencetak sebuah gol. Namun kecolongan pada menit akhir babak kedua sehingga laga berakhir draw.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN