Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gareth Bale Menurut Jurgen Klopp dan Sepak Bola Kolektif

27 Juli 2019   03:32 Diperbarui: 27 Juli 2019   03:33 167 21 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gareth Bale Menurut Jurgen Klopp dan Sepak Bola Kolektif
Gareth Bale (Foto Skysports.com) 

Gareth Bale, Bintang Real Madrid itu tampaknya akan meninggalkan Santiago Bernabeu setelah dirinya berselisih dengan manajer Zinedine Zidane. Manajer asal Perancis ini bahkan pernah berpendapat  bahwa mungkin adalah hal yang terbaik untuk semua orang jika Bale pergi dari Madrid.

Kabar berikutnya menurut Goal.com (24/7/19), santer terdengar Bale dikaitkan dengan tawaran sebuah klub Liga China yang mampu menggaji tinggi per pekannya lebih dari yang diterimanya dari Real Madrid. Hanya saja realisasi ini sangat rumit karena klub China tersebut menuntut status Bale sebagai pemain bebas transfer. Bale masih berharap bisa tetap di Eropa jika ada klub peminat bersedia memenuhi tuntutan upahnya yang tinggi.

Tentang bermain di Eropa ada yang lebih menarik ketika Paul Ince berbicara kepada media awal pekan ini yang menyarankan Liverpool harus mencari pemain internasional Wales tersebut. Menanggapi hal ini, Jurgen Klopp membantah pembicaraan tentang Gareth Bale dalam Bursa Transfer musim panas ini. Liverpool membutuhkan sebuah tim daripada individu. Klopp sangat jelas lebih dari senang dengan para pemain yang ia miliki saat ini.

Berbicara menjelang pertandingan pramusim mereka melawan Sporting Lisbon kepada Skysports.com (24/7/19),  Klopp mengatakan: "Bale adalah pemain Real Madrid dan jika dia pergi itu akan menjadi upah yang luar biasa mahal dan besar."

"Dia adalah pemain yang luar biasa, saya sangat menyukainya tetapi ini bukan tentang dia. Anda harus membuat tim. Tim yang bagus bukan kumpulan pemain individu terbaik, karena mereka harus bekerja sama." Kata Klopp seperti dilansir situs tersebut.

Bagi Klopp Liverpool adalah proyek jangka panjang. Menurutnya Liverpool adalah tim yang sangat bagus. Kondisi yang sangat kondusif dalam skuad Liverpool saat ini jangan sampai terganggu hanya karena ada satu orang yang masuk sebagai seorang Bintang. Mungkin banyak yang tidak terpikirkan menghadapi situasi sulit yang datang berikutnya setelah mendatangkan seorang pemain.

"Apakah akan ada situasi sulit? Mungkin akan ada jika kita mendatangkan pemain baru. Saya tidak mengatakan kami tidak akan melakukan apa-apa , itu akan menjadi transfer yang besar. Tetapi orang tidak berpikir tentang orang-orang yang sudah masuk sebelumnya." Demikian Jurgen Klopp menyikapi tentang Gareth Bale seperti dilansir Skysports.com (24/7/19).

Manajer seperti Klopp yang selalu menghargai pekerjaan pemain-pemain yang pernah direkrutnya merupakan sikap bijak yang akan membuat skuad Liverpool semakin kompak. Sepakbola adalah kebersamaan bukan kumpulan individu dari pemain-pemain Bintang. Bekerja kolektif dalam sebuah tim jauh lebih berharga daripada seorang Super Star yang bekerja secara individu.

Ketika ada yang bertanya tentang kontraknya di Liverpool, Klopp berusaha untuk menunggu dengan tenang pembicaraannya bersama Manajemen Liverpool tentang memperpanjang kontraknya sendiri di Anfield. Jurgen Klopp masih memiliki sisa tiga tahun kontraknya saat ini dan belum menawarkan indikasi bahwa ia akan bertahan setelah berakhir pada tahun 2022.

Sepakbola kolektif ala Jurgen Klopp masih terus akan hidup di Anfield. Sendi-sendi dan fondasi yang sudah ditanamkan dalam skuad The Reds, diyakini Klopp merupakan senjata ampuh untuk meraih prestasi. 

@hensa 

VIDEO PILIHAN