Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Pilihan

Peluang Jonatan Christie dan Anthony Ginting di Australian Open 2019

4 Juni 2019   06:34 Diperbarui: 4 Juni 2019   06:42 0 8 1 Mohon Tunggu...
Peluang Jonatan Christie dan Anthony Ginting di Australian Open 2019
Anthony Ginting (Foto BWFbadminton.com) 

Turnamen Australian Open yang dimulai 4-9 Juni 2019 berlangsung di Quaycentre, Sydney Olympic Park Sydney, New South Wales Australia. Menurut BWF.tournamentsoftware.com (30/5/19), turnamen yang diselenggarakan World Badminton Federation (BWF) ini masuk dalam  kategori BWF World Tour Super 300 memperebutkan hadiah 1500 US Dollars.

Anthony Ginting dan Jonatan Christie mewakili Indonesia dalam trunamen ini yang juga merupakan ajang untuk perhitungan poin bagi raking pebulutangkis yang berhak tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Dalam turnamen ini pemain yang menjadi unggulan pertama adalah Chou Tien Chen dari Taiwan dan unggulan kedua Ginting dari Indonesia.

Hasil drawing yang sudah dilakukan menempatkan Chou Tien Chen berada di grup atas sedangkan Ginting berada di grup bawah. Pada grup atas, Chou bersaing bersama dengan Jonatan Christie yang diunggulkan ditempat ketiga sedangkan pada grup bawah Ginting bersaing dengan unggulan 4, Kenta Nishimoto pemain asal Jepang. Mereka berempat diprediksi bertemu di semi final.

Bagaimana peluang perjalanan Ginting dan Jonatan dalam upaya mereka menuju semi final? Mari kita simak peluang mereka sejak babak awal.  

Anthony Ginting

Pada babak pertama Ginting akan berhadapan pemain asal Korea, Heo Kwang Hee. Jika lolos kebabak kedua maka sudah menunggu pemenang antara Lee Dong Keun (Korea) dan Sai Praneeth (India). Ginting baru akan berhadapan dengan pemain unggulan pada babak kuarter final yaitu Tommy Sugiarto (Indonesia) yang diunggulkan diposisi ke-8. Lolos dari fase ini maka pemain Jepang unggulan ke-4, Kenta Nishimoto sudah menunggu.

Menurut BWFbadminton.com (2/6/19), pertemuan Ginting yang memiliki ranking 7 BWF dengan Nishimoto ranking 10 BWF sudah 4 kali dengan kedudukan 2-2. Kemenangan terakhir Ginting atas Nishimoto terjadi di ajang Singapore Open 2019 dalam dua set langsung 21-10 dan 21-16. Sebelumnya pada Malaysia Open Ginting harus mengakui keunggulan Nishimoto dengan rubber game, 21-18, 13-21 dan 21-23.

Melihat performa terakhir Ginting dalam Piala Sudirman 2019 bulan Mei lalu, memang sangat mengkhawatirkan karena dari tiga kali bertanding, Ginting mengalami dua kali kekalahan dari Victor Axelsen (Denmark) dan Kento Momota (Jepang) hanya sekali menang atas Toby Penty (England). Kini diharapkan Ginting sudah kembali menemukan permainnya.

Jonatan Christie 

Saat ini Jojo, panggilan akrab dari Jonatan Christie memiliki ranking 8 Dunia. Pada babak pertama pemain muda 21 tahun ini ditantang pemain asal China, Lu Guangzu. Jika lolos dari hadangan Lu, sudah menunggu pemenang antara dua pemain dari babak kualifikasi. Jojo baru menemui hadangan serius di babak perempat final yang kemungkinannya adalah Lin Dan (China) unggulan ke-8.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2