Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liverpool Percaya Diri Hadapi Bayern Munich di Allianz Arena

13 Maret 2019   06:06 Diperbarui: 13 Maret 2019   06:10 117 13 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool Percaya Diri Hadapi Bayern Munich di Allianz Arena
Liverpool FC (Foto Premierleague.com)

 


Bukan hanya omong kosong jika saat ini Liverpool sangat percaya diri menghadapi tuan rumah Bayern Munich dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions, Kamis (14/3/19) pukul 03.00 WIB. Laga yang berlangsung di Allianz Arena Stadium Munchen ini dipastikan menyedot ribuan fans Bayern Munich yang akan memberi dukungan kepada klub mereka.

Laga ini merupakan pertarungan antara dua negara adidaya sepakbola di Eropa. Dari catatan UEFA.com (12/3/19), kedua klub ini telah memenangkan trofi lima kali. Liverpool dikalahkan Real Madrid sebagai finalis musim lalu. Sementara Bayern telah mencapai setidaknya semifinal dalam tujuh dari sembilan musim terakhir mereka diajang Liga Champions.

Pasukan Jurgen Klopp ini merasa percaya diri karena mereka dalam 6 pertemuan dengan Bayern sama-sama menang satu kali dan 4 laga mereka berakhir draw. Terakhir mereka bermain imbang tanpa gol saat leg pertama di Stadion Anfield, Liverpool dua pekan lalu.

Oleh karenanya laga leg kedua ini sama-sama merasakan rasa optimis yang tinggi bagi kedua klub. Tuan rumah cukup menang 1-0 sudah cukup meloloskan mereka ke perempat final. Namun demikian Liverpool bahkan cukup bermain draw 1-1 mereka berhak lolos karena unggul gol tandang.

Ada pernyataan yang menarik dari Legenda Bayern Munich yaitu Lothar Matthaus. Mantan Kapten Tim Nasional Jerman ini telah memperingatkan agar Bayern untuk tidak melakukan serangan frontal ke gawang Liverpool karena hal ini bisa menjadi ancaman melalui serangan balik mereka.

"Laga yang berakhir 0-0 adalah hasil yang layak diwaspadai. Tetapi tentu saja Bayern tidak memiliki gol tandang, dan itu semua lebih berbahaya. Maka ketika Anda sedang bermain menyerang lalu Liverpool akan membawa ancaman serangan balik yang mematikan, "katanya kepada Skysports.com (12/3/19).

Matthaus juga sangat menyadari betapa berbahayanya sebuah kondisi bagi Bayern ketika Liverpool hanya butuh satu gol saja baik dalam posisi menang atau draw  sudah cukup bagi Liverpool lolos ke babak berikutnya.

Ketika bermain di Anfield Bayern menemukan keseimbangan yang tepat karena mereka benar-benar menjaga kedalaman pertahanan mereka. Namun dalam laga di Allianz Arena Stadium menjadi hal yang dilematis. Jika Bayern agak terlalu menyerang, maka Liverpool dapat mengeksploitasi hal tersebut dengan serangan balik. Namun jika terlalu defensif, maka itu mungkin akan mengurangi ancaman serangan Bayern sendiri.

Hasil draw 0-0 dalam laga ini sebenarnya bukan pilihan yang baik. Mereka bagaimanapun harus mencetak gol. Berita buruknya jika Liverpool mencetak gol lebih dulu maka itu adalah malapetaka yang sudah nyata di depan mata. Pada posisi seperti itu, Bayern harus mencetak  2 gol kemenangan bukan sekedar draw 1-1.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN