Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Myanmar Lawan Perdana Garuda Muda di Piala AFF U-22

18 Februari 2019   04:00 Diperbarui: 18 Februari 2019   13:51 189 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Myanmar Lawan Perdana Garuda Muda di Piala AFF U-22
Indra Sjafri dan Todd Rivaldo Ferre (Foto The AFC.com)

Timnas Garuda Muda menghadapi turnamen Piala AFF U-22 yang berlangsung di Kamboja pada 17 -- 26 Februari 2019. Menurut Aseanfootball.org (12/2/19), Timnas U-22 berada di Grup B yang dihuni oleh Myanmar, Malaysia, dan Kamboja selaku tuan rumah. Sedangkan Grup A terdiri dari Thailand, Vietnam, Filipina dan Timor Leste. Turnamen yang baru pertama kali diselenggarakan ini tidak dikuti seluruh negara anggota AFF. Ada tiga negara tidak ikut berpartisipasi dalam kejuaraan ini yaitu Brunei, Singapore dan Laos.

Untuk skala Asia Tenggara ini kekuatan seluruh kontestan merata pada kejuaraan ini. Mengamati fakta saat ini memang benar sepakbola di Asia Tenggara mulai berkembang pesat. Pembinaan usia muda mulai menampakkan hasil dan mereka membangun tim untuk bisa melewati tim di level atas.

Jangan dulu membandingkan mereka dengan level Asia Timur bersama Korea Selatan, Jepang dan China. Mungkin saat ini Thailand dan Vietnam berada sedikit bersama mereka. Sementara itu Negara Asia Tenggara lainnya terus berusaha naik level termasuk Indonesia.

Untuk laga perdana Piala AFF Grup B nanti, timnas U-22 akan lebih dulu bertemu Myanmar, pada Senin (18/2/19) pukul 15.30 WIB. Rencana RCTI menyiarkan langsung laga ini. Indra Sjafri sudah memegang kekuatan Myanmar ini dan tetap selalu mewaspadai mereka. 

"Myanmar tim yang bagus, tapi kalau kami lebih bagus dari mereka, maka kami menang. Alhamdulillah saya beberapa kali menghadapi Myanmar, dan masih bisa mengatasi," kata pelatih Garuda Muda Indra Sjafri, dilansir Fourfourtwo.com (15/2/19).

Rasa optimis Indra juga dirasakan oleh salah satu andalan Timnas U-22 yaitu Todd Rivaldo Ferre. Pemain asal Papua ini sudah tidak sabar ingin segera merumput menjalani laga perdana. Todd sangat istimewa kali ini memperkuat Timnas U-22 karena bisa bermain satu tim dengan sesama pemuda asal Papua lainnya yaitu Marinus Wanewar dan Osvaldo Haay.

"Apalagi kami sangat kenal dari tim muda Persipura juga sempat main sama-sama, sudah saling ngerti. Kalau dipasang bersama, sudah enak. Sudah terkoneksi lah," kata Todd seperti dilansir CNNIndonesia.com (14/2/19).

Ketika disinggung selama ini Todd selalu menjadi andalan Indra Sjafri sebagai supersub. Maka pemuda Papua ini menyerahkan sepenuhnya kepada Pelatih. Gelandang Timnas Indonesia U-22 Todd Rivaldo Ferre memilih untuk menjadi supersub atau pemain pengganti andalan untuk kepentingan tim. "Kalau saya lebih memilih sebagai supersub. Kalau lawan sudah capai, giring bolanya lebih enak. Dalam situasi pertandingan juga tim butuh gol lebih banyak, nanti pelatih yang akan ambil keputusan."Demikian kata Todd seperti dilansir CNNIndonesia.com (14/2/19).

Tunggu apalagi laga perdana sudah siap digelar di Stadion Nasional, Phnom Penh Kamboja, Senin 18 Februari 2019 pukul 15.30 WIB dimana Garuda Muda menghadapi Myanmar. Bravo Timnas Garuda U-22.

VIDEO PILIHAN