Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kabar dari Etihad, Aguero Bawa City ke Puncak Klasemen Premier League

11 Februari 2019   08:33 Diperbarui: 11 Februari 2019   08:43 88 14 9
Kabar dari Etihad, Aguero Bawa City ke Puncak Klasemen Premier League
Sergio Aguero (Foto Mancity.com)

 


Permainan luar biasa Segio Aguero di Etihad Stadium membawa Manchester City kembali kepuncak klasemen menggeser Liverpool. Disaksikan 54 ribu penonton tuan rumah City membungkam Chelsea dengan skor 6-0 pada malam itu, Minggu (10/2/19) kick off pukul 23.00 WIB.

Menurut Premierlegaue.com (10/2/19), City memimpin klasemen dengan 65 poin setelah menyelesaikan 27 laga dengan produktivitas 54 gol. Liverpool berada ditempat ke-2 dengan poin yang sama hanya saja mereka kalah selisih gol (44 gol). Namun masih memiliki kesempatan kembali meraih posisi puncak karena Liverpool memiliki satu laga sisa lawan Manchester United di Old Trafford pada laga mereka yang ke-27, Minggu (24/2/19) pukul 21.05 WIB.    

Sementara itu kekalahan terburuk Chelsea ini membuat klub London ini harus terlempar ke posisi 6 tergeser oleh Arsenal diposisi 5 dengan 50 poin. Chelsea  memiliki poin yang sama namun kalah selisih gol dari Arsenal. Sedangkan Manchester United cukup nyaman di posisi 4 dengan 51 poin.

Malam itu di Etihad Stadium menjadi malam yang yang sangat mencengangkan karena lahirnya 6 gol City ke gawang Chelsea. Tiga gol diantaranya dicetak oleh Sergio Aguero. Tiga gol lainnya dicetak oleh Raheem Sterling 2 gol dan satu gol Ilkay Gundogan. Menurut catatan Premierleague.com (10/2/19), ini adalah hat-trick Aguero yang ke-11 menyamakan pencapaian yang pernah dilakukan Alan Shearer.

Laga baru berjalan 4 menit City sudah unggul 1-0 ketika Sterling melepaskan tembakan keras ke atap gawang Chelsea yang dijaga Kepa Arrizabalaga. Setelah gol ini Aguero membuat 2 gol beruntun menit 13 dan 19. Laga belum berjalan setengah jam, City bahkan sudah unggul 4-0 ketika Ilkay Gundogan mencetak gol menit ke-25. Dua gol berikutnya lahir dibabak kedua melalui penalti Aguero 11 menit setelah babak kedua dimulai. Sterling menutup gol menjadi 6-0 hanya 10 menit sebelum laga berakhir.

Sesungguhnya kemenangan City sudah diprediksi sejak awal namun tidak menduga kemenangan mereka bisa seperti ini. Enam gol tanpa balas adalah bukti nyata bahwa mereka adalah tim yang sangat serius mengejar ambisi untuk meraih trofi Premier League.

Sebagai tuan rumah, Manchester City menguasai permainan sepenuhnya. Dari catatan Premierleague.com (10/2/19), City mengendalikan hampir 60 persen permainan. Ad 15 tembakan menuju gawang Chelsea, 9 tembakan tepat sasaran dan 6 diantaranya menjadi gol.

Kemenangan ini juga memperbaiki sejarah head to head City terhadap Chelsea menjadi 12 kemenangan. Dari 44 pertemuan Chelsea masih unggul 25 laga dimenangkan klub London ini, sedangkan sisanya mereka bermain imbang.

Saatnya kita mendengarkan reaksi Pep Guardiola menyambut kemenangan ini. Seperti dirilis laman resmi klub, Mancity.com (10/2/19) Guardiola berkata : "Itu adalah salah satu penampilan terbaik kami di kandang musim ini. Sergio mencetak gol yang luar biasa, tetapi itu tidak mudah, kami bertahan lebih dalam seperti sebelumnya. Mereka punya satu kesempatan, tetapi mereka menyebabkan masalah dan menemukan ruang. Enam gol melawan Chelsea tidak mudah. Bukan hanya untuk itu, tetapi untuk Arsenal dan Everton juga."

Sementara ini Pep Guardiola boleh gembira dengan kemenangan atas Chelsea. Namun demikian di depan sudah menunggu agenda selanjutnya yang juga membutuhkan kerja keras skuatnya. Salah satunya adalah menghadapi final Piala Carabao melawan tim yang sama Chelsea.