Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Uji Coba Lawan Saudi Arabia adalah Ukuran Kekuatan Level Timnas U-19

10 Oktober 2018   06:27 Diperbarui: 10 Oktober 2018   10:35 586 12 8
Uji Coba Lawan Saudi Arabia adalah Ukuran Kekuatan Level Timnas U-19
Witan dan Sadil (Foto PSSI.org)

Pada bulan Oktober ini tepatnya 18 Oktober 2018 ajang AFC U-19 Championship segera bergulir di Jakarta. The AFC.com (9/10/18) merilis bahwa Timnas U-19 sendiri berada di grup A bersama Uni Arab Emirat, Qatar dan Chinese Taipei dan laga perdana mereka berlangsung 18 Oktober 2018 pukul 19.00 WIB melawan Chinese Taipei di Stadion GBK.

Bagi Indra Sjafri tentu saja menghadapi ajang ini merupakan pengalaman kedua setelah dalam ajang yang sama mengalami kegagalan pada tahun 2014 bersama Timnas U-19 asuhannya waktu itu generasi Evan Dimas dkk. Indra jangan sampai mengalami terperosok ke dalam lobang yang sama. Kegagalan kedua harus benar-benar dihindari.

Mimpi Indonesia bermain di Piala Dunia U-20 harus diwujudkan. Sebagai tuan rumah peluang itu terbuka dalam ajang ini dengan mencapai posisi 4 besar Indonesia berhak mendapatkan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 di Polandia pada tahun 2019.

Berbagai persiapan sudah sangat lama dilakukan. Pada akhir September lalu Timnas U-19 melakoni uji coba di ajang U-19 International Tournament dalam rangka ulang tahun PSSI ke-88 bersama dua tim lainnya yaitu China dan Thailand. Hasilnya kalah 0-3 dari China dan imbang 2-2 dengan Thailand. Pasukan Indra Sjafri masih belum mampu berbuat banyak terutama melawan China, mereka kehilangan sentuhan bermain dan kondisi fisik yang menurun. Tiga gol tanpa balas adalah bukti dari perbedaan level diantara mereka.

Uji coba terakhir mereka lakukan pada pekan ini melawan Arab Saudi (10/10) dan Yordania (16/10) di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi. Hanya sepekan menjelang laga perdana mereka di ajang AFC U-19 Championship, maka uji coba ini sangat penting untuk dijadikan pembenahan mental pemain dan pemahaman taktik yang diterapkan dalam lapangan.

Dalam fase grup A, Indonesia bertemu dua tim asal Asia Barat yaitu Uni Arab Emirat dan Qatar yang permainan mereka mirip dengan Arab Saudi dan Yordania. Karena itu uji coba ini adalah gambaran sejauh mana kemampuan Timnas U-19 menghadapi tipe permainan Negara Asia Barat. Laga ini juga menjadi ukuran dimana sebenarnya level Timnsd U-19 diantara peserta yang akan memperebutkan 4 tiket final Piala Dunia U-20.

Indra Sjafri (Foto PSSI.org)
Indra Sjafri (Foto PSSI.org)
Pelatih Indonesia, Indra Sjafri mengatakan bahwa di laga uji coba Internatonal ini kemenangan bukan hal mutlak yang dicari oleh tim asuhannya. Namun ada  target khusus. "Yang paling penting adalah target uji coba itu mencari apa. Satu contoh ketika kami beruji coba menghadapi China, target yang saya bebankan kepada pemain adalah mencoba bertahan sejak lini tengah dan jangan sampai pemain lawan bisa masuk ke area pertahanan. Pada akhirnya kami kalah karena ada dua gol dari situasi bola mati."

"Target kami di pertandingan melawan Arab Saudi adalah untuk merangkum semua permainan yang sudah kami lakukan dan menerapkannya ke dalam situasi pertandingan dan semua yang kami siapkan untuk tampil di Piala AFC nanti," kata Indra dalam konferensi pers seperti dirilis oleh PSSI.org (9/10/18).

Apapun alasan yang dikemukakan Indra yang berkaitan dengan target tetap saja kemenangan adalah target yang dicari. Tanpa kemenangan dalam suatu pertandingan maka gelar juara tidak mungkin bisa diraih. Alangkah baiknya mereka, Timnas U-19 ini mulai mengakrabi dengan kemenangan bukan hanya sekedar target penerapan taktik yang seharusnya sudah matang dilakukan oleh skuat Indra Sjafri ini.

Kita lihat Timnas U-19 memiliki level dimana ketika mereka bertemu Arab Saudi. Hasil uji coba International ini akan memberi gambaran mengenai hal tersebut. Selamat berjuang Garuda Nusantara.

Bravo Merah Putih.

#hensa #kompasiana