Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Persib Day, 3 Faktor Ini Membuat Persib Aman di Puncak Klasemen Liga 1

10 Agustus 2018   06:33 Diperbarui: 10 Agustus 2018   07:53 748 13 7
Persib Day, 3 Faktor Ini Membuat Persib Aman di Puncak Klasemen Liga 1
Persib Bandung (Foto Persib.co.id)

Pekan ke 20 Liga 1 berlangsung mulai 10 Agustus 2018 kemudian setelah itu kompetisi diliburkan selama sebulan karena ada ajang Asian Games Jakarta-Palembang mulai 18 Agustus 2018 sampai 2 September 2018.

Menantang tuan rumah Mitra Kukar adalah laga ke 20 Persib Bandung yang  berlangsung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong pada Jumat 10 Agustus 2018 pukul 15.30 WIB. 

Bagi Persib inilah laga tandang yang sangat penting untuk kembali meraih 3 poin penuh, minimal bermain seri dengan mendapat 1 poin. Hal ini untuk mempertahankan posisi puncak di klasemen Liga 1 sebelum libur panjang kompetisi.

Paling tidak ada 3 hal yang menjadi faktor penting bagi Persib agar tetap aman di puncak klasemen hingga pekan ke 20 ini. Mari kita simak bersama.  

Faktor Duet Baru Persib

Dalam dua laga terakhir ini Persib bermain tanpa striker mereka Ezechiel N'Douassel yang mendapat hukuman dari Komdis PSSI sehingga tandemnya Jonathan Bauman harus bermain dengan pemain lain. 

Ternyata Mario Gomez menemukan tandem yang cocok sebagai pengganti Ezechiel yaitu sosok seorang Patrich Wanggai. Pemain asal Papua ini telah menunjukkan penampilan terbaiknya dalam dua laga terakhirnya. 

Mencetak 2 gol saat berhadapan dengan PS Tira pada pekan ke 18 di Bantul dan 1 gol saat berhadapan dengan Sriwijaya FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api , Sabtu 4 Agustus 2018.

Patrich Wanggai dan Bauman (Foto Liga-indonesia.id)
Patrich Wanggai dan Bauman (Foto Liga-indonesia.id)
Wanggai dan Bauman telah menjadi kekuatan baru Persib Bandung dalam putaran kedua Liga 1. Mereka sudah mengemas 5 gol dalam dua laga terakhir mereka. 

Performa impresif duet baru Persib ini diprediksi semakin mengancam lawan lawan mereka termasuk tuan rumah Mitra Kukar. Dengan fakta tersebut, maka laga di Tengarong bukan hal yang mustahil jika Persib memiliki peluang meraih 3 poin. 

Faktor Bojan Malisic dan Haryono 

Bojan Malisic dan Haryono sudah bisa memperkuat Persib dalam laga melawan tuan rumah Mitra Kukar setelah mereka mendapat hukuman Komdis PSSI untuk dua laga. Selama Malisic absen, tandemnya, Victor Igbonefo diduetkan dengan Indra Mustafa dan mereka berhasil bermain dengan kompak. 

Duet ini sangat tangguh dapat dilihat dari dua laga telah mereka lalui yaitu lawan PS Tira dan Sriwijaya FC sejauh ini baru kebobolan 2 gol. Saat Malisic sudah bisa berduet kembali bersama Igbonefo maka lini belakang Persib akan semakin kokoh ditunjang full back Ardi Idrus dan Supardi. Apalagi Mitra Kukar punya striker berbahaya dalam diri Fernando Rodriguez. Pemain asal Spanyol itu kerap memberi ancaman setiap tim yang menjadi lawannya.

Bojan Malisic (Foto Persib.co.id)
Bojan Malisic (Foto Persib.co.id)
Sementara itu Hariono adalah breaker tangguh dan keras menjaga lawan terutama para penyerang. Haryono yang menempati peran sebagai gelandang bertahan banyak membuat para pnyerang lawan mati kutu. 

Jika diturunkan maka bisa menjadi benteng yang kokoh di lini pertahanan Maung Bandung. Mitra Kukar sangat sulit untuk membobol gawang Persib. Kondisi aman lini belakang akan membuat lini depan Persib menjadi nyaman. Kondisi ini pula yang memberi peluang Persib menang atau minmal bermain seri.

Klasemen Pekan ke 19   

Liga-indonesia.id (6/8/18) merilis klasemen hingga pekan ke 19 dimana Persib masih memimpin pada posisi pertama dengan 35 poin. Mereka jauh meninggalkan PSM Makasar dan Madura United yang memiliki 30 poin. Dalam laga ke 20 Persib jikapun mengalami kekalahan dari tuan rumah Mitra, maka posisi puncak masih mereka temapti dengan nyaman.

Mario Gomez mengajak semua komponen tim untuk tetap fokus tetap rendah hati dan  konsentrasi penuh dari pertandingan ke pertandingan. "Kalau bisa menang melawan Mitra Kukar maka libur panjang kami akan sangat tenang. Kami akan punya 38 poin sebelum memulai kompetisi lagi. Kami harus melanjutkan kerja keras di kompetisi ini. Banyak lawan berat menanti. Dan, tentu saja kami harus bisa melewatinya dengan kemenangan." Demikian kata pelatih Persib asal Argentina, Mario Gomez seperti dituturkannya kepada Liga-indonesia.id (6/8/18).

Tekad Abah Gomez rupanya tetap meraih kemenangan untuk mendapatkan 3 poin sehingga lebih nyaman dengan 38 poin sambil menunggu libur panjang hingga usai Asian Games 2018. 

#hensa10082018