Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Dunia Rusia 2018, Argentina Harus Waspadai Islandia

13 Juni 2018   07:23 Diperbarui: 13 Juni 2018   08:42 471 6 5
Piala Dunia Rusia 2018, Argentina Harus Waspadai Islandia
Tim Islandia (Foto AFP)

Laga uji coba Argentina vs Israel sedianya akan digelar di Yerusalem Sabtu (9/6/18) yang merupakan bagian dari persiapan Argentina menghadapi Piala Dunia 2018. Namun karena diselenggarakan di lokasi yang masih jadi konflik, pelaksanaannya banyak menuai protes dari pihak Palestina. Argentina kemudian memutuskan membatalkan uji coba itu. Mereka memilih mengganti uji coba itu dengan latihan di Barcelona, Spanyol. Bagaimana dampak serius pembatalan uji coba tersebut terhadap persiapan Argentina menghadapi laga mereka di grup D terutama dalam laga mengadapi kuda hitam Islandia ?   

Benar sekali Islandia adalah Tim debutan Piala Dunia di Rusia ini. Ranking FIFA saat ini adalah 22. Keikut sertaan mereka di Piala Dunia Rusia 2018 adalah sejarah yang tidak terbantahkan sebagai negara kecil di Eropa yang mampu menembus putaran final ajang bergengsi tersebut. Meski datang sebagai negara terkecil ke Piala Dunia, namun mereka tentu bakal mendapat dukungan luar biasa dari fans, yang terkenal dengan 'Viking Clap'. Islandiapun merupakan negara terkecil yang pernah lolos ke Euro 2016.

Selebrasi gol skuat Islandia (Foto Panditfootball.com)
Selebrasi gol skuat Islandia (Foto Panditfootball.com)

Dari catatan FIFA.com (21/12/17), mereka adalah pembunuh raksasa. 'Semakin besar mereka, semakin keras mereka jatuh' tampaknya inilah yang menjadi motto Tim Islandia ketika menghadapi lawan-lawannya. Mereka telah mengalahkan raksasa sepakbola Eropa seperti Kroasia, Belanda, Turki, Ukraina, Yunani.

Paling impresif adalah mengalahkan Inggris di Euro 2016. Islandia baru terhenti di ajang ini oleh Prancis di babak perempat final. Lolos dari Grup F setelah mampu melewati hadangan salah satu tim besar, Portugal, dan juga kuda hitam yang cukup dijagokan dalam ajang ini, Austria. Mereka lolos sebagai runner-up grup di bawah Hungaria yang juga di luar dugaan menjadi juara Grup F (Panditfootball.com 26/6/16).

Gelandang Islandia, Olafur Skulason mengatakan : "Saya bisa melihat surat kabar di negara lain berbicara tentang betapa tidak beruntungnya kami untuk mendapatkan kelompok semacam itu - tetapi itulah yang kami inginkan. Kami menginginkan pertandingan besar itu. Kami ingin bermain melawan Argentina. Mereka adalah tim luar biasa lawan kami laga pertama di Piala Dunia. "

Demikian nada ancaman serius dari salah satu gelandang mereka kepada tim yang satu grup dengan Islandia yaitu Argentina, Nigeria dan Kroasia. Jadwal mereka di grup D menghadapi Tim Tango, Argentina ini pada 16 Juni kemudian lawan Nigeria 22 Juni  dan Kroasia 26 Juni 2018. Apa yang dikatakan Olafur Skulason memang bukan hanya sekedar ancaman kosong dan harus diwaspadai oleh tim yang satu grup dengan mereka. Kapten, Aron Gunnarsson dan Pemain Bintang mereka, Gylfi Sigurdsson pasti punya tekad untuk lolos dari fase grup D ini.

Jika Argentina memiliki Lionel Messi maka Islandia juga memiliki Bintang bernomor 10 yang sangat berpengaruh terhadap kinerja Tim. Dia adalah Gylfi Sigurdsson. Gelandang serang Islandia ini tidak diragukan lagi memilik visi bermain, kemampuan menembak dan keahlian set-piece. "Bersama dengan Henrik Larsson, saya akan mengatakan bahwa Gylfi adalah pemain terbaik yang pernah saya tangani. Dia selalu bermain untuk tim dan harus menjadi salah satu pemain gelandang terbaik." Demikian kata manager Lask Lagerback tentang pria yang dibayar Everton dengan bayaran 45 juta seperti dilansir FIFA.com (21/12/17).

Lionel Messi (Foto Reuters)
Lionel Messi (Foto Reuters)

Semua catatan tentang Islandia sudah jelas bagaimana kekuatan tim ini yang mempunyai peluang menjungkalkan peserta lain di grup D termasuk Argentina yang belum pernah dihadapinya sama sekali. Laga pertama mereka melawan Argentina menjadi titik penting kiprah Islandia selanjutnya. Mereka memang tidak perlu bermimpi untuk menang, namun menahan draw Argentina dalam laga perdana ini adalah angin segar untuk menghadapai laga laga berikutnya.

Islandia adalah tim yang sangat kompak dengan permainan kolektifnya. Mereka tidak tergantung kepada pemain bintang mereka seperti halnya Argentina dengan Messinya. Inilah yang menjadi kekuatan sebenarnya dalam skuat Islandia. Permainan kolektif dan spirit mereka memenangkan setiap laga adalah senjata meatikan dari Tim Islandia. Argentina, Kroasia dan Nigeria harus waspadai hal ini jika tidak ingin mereka mengalami kekalahan ketika bertemu Islandia. Selamat menikmati Piala Dunia 2018 dan jangan nonton bola tanpa Kacang Garuda

#hensa13062018