Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sebaiknya Klopp Menahan Diri pada Bursa Transfer Musim Dingin

11 Januari 2018   07:30 Diperbarui: 11 Januari 2018   09:28 849 7 7
Sebaiknya Klopp Menahan Diri pada Bursa Transfer Musim Dingin
Jurgen Klopp (Foto Liverpoolfc.com)

Judul di atas mengandung alasan kuat bahwa saat ini klub klub di Eropa sedang memagari para pemain andalan mereka saat mengetahui Liverpool sudah melepas Philippe Coutinho Ke Barcelona dengan dana transfer segar sebesar 140 juta (Tranfermark.com, 7/1/18).  

Bagi lini serang Liverpool, kepergian Coutinho sebenarnya tidak begitu dirasakan pengaruhnya mengingat Liverpool masih memiliki sederet pemain di posisi yang ditinggalkan pemain Brazil itu. 

Masih ada Alex Oxlade-Chamberlain yang selalu siap diturunkan dan Adam Lallana yang sudah sembuh dari cedera. Bahkan Jordan Henderson memprediksi 2018 akan terbukti menjadi tahun besar bagi Adam Lallana setelah ia membuat start pertamanya di awal tahun dalam kemenangan Hari Tahun Baru di Burnley.

Philippe Coutinho (Foto Fourfourtwo.com)
Philippe Coutinho (Foto Fourfourtwo.com)
Saat ini yang menjadi kebutuhan mendesak bagi The Reds adalah gelandang bertahan dan pemain belakang. Setelah Virgil Van Dijk merapat ke Anfield, Klopp sebenarnya bisa bergerak di bursa transfer musim dingin ini, hanya cukup dengan uang sebesar 30-40 juta, mungkin sudah bisa mendatangkan gelandang bertahan yang berkualitas. 

Menurut Fourfourtwo.com (9/1/18) Eric Dier, pemain Tottenham Hotspur, yang mulai tidak nyaman di Spurs karena sering kali bermain di luar posisi terbaiknya bisa dijadikan sasaran Klopp. Dia adalah seorang gelandang yang punya kualitas dalam melakukan tekel sehingga mampu membuat pemain-pemain belakang nyaman dan tenang bekerja.

Liverpool saat ini tidak lagi mempunyai gelandang bertahan seperti yang pernah mereka miliki dulu yaitu Mascherano dan Xabi Alonso. Mereka berdua adalah gelandang bertahan Liverpool terbaik. Saat ini Liverpool tidak memiliki gelandang dengan level seperti mereka bahkan levelnya belum mampu mendekati Mascherano dan Xabi Alonso.

Coutinho bersama The Reds (Foto Fourfourtwo.com)
Coutinho bersama The Reds (Foto Fourfourtwo.com)
Memang benar saat ini ada Jordan Henderson adalah pemain yang berkualitas namun sebagai gelandang bertahan  Liverpool tersebut masih  belum mampu bermain untuk memberikan cover yang aman bagi pertahanan The Reds. 

Hal ini seringkali terjadi ketika lini belakang kewalahan menerima serangan dan mengakibatkan kebobolan maka Henderson seharusnya ikut bertanggung jawab terhadap terjadinya tragedi di gawang Liverpool.

Pemain manapun yang sekarang sedang diincar oleh Klopp sebaiknya ditunda dulu realisasi transfer mereka. Menunda sampai bursa transfer musim panas nanti adalah kebijakan yang cerdas dari Klopp dan managemen klub.

#hensa10012018