Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Italia di Bibir Jurang Menunggu Nasib di San Siro

13 November 2017   11:53 Diperbarui: 13 November 2017   12:00 902 11 12
Italia di Bibir Jurang Menunggu Nasib di San Siro
De Rossi (Foto Eric Gallard/REUTERS)

Bagi para fans Italia laga leg kedua versus Swedia pada 14 November 2017 (pk 02.45 WIB) di Stadion San Siro Milan adalah laga yang sangat ditunggu dengan penuh harap dan hati yang berdebar. Bagi Italia laga tersebut juga merupakan pertaruhan kehormatan negara yang pernah merebut Juara Dunia 4 kali (2006, 1982, 1938 dan 1934).  Gli Azzurri terancam gagal berangkat ke Piala Dunia 2018 di Rusia karena pada leg perdana fase play-off kontra Swedia, Negeri Piza itu harus mengakui keunggulah tuan rumah Swedia, kalah 0-1.

Sebelum laga leg pertama itu, gelandang veteran Italia, Daniele De Rossi yakin dirinya bisa merasakan Piala Dunia keempat dalam kariernya dengan menumbangkan Swedia di babak play-off. "Saya tak mengatakan bahwa saya bakal jadi pemain inti di Piala Dunia nanti namun yang pasti hal itu akan berkesan pada karier saya. Tak ada seorang pun dalam tim ini yang ingin melewatkan kesempatan itu. Kami harus pergi ke Rusia karena hanya dengan ada di sana kami bisa memiliki kesempatan untuk jadi juara Piala Dunia," ujar De Rossi seperti dilansir CNNIndonesia.com (9/11/2017).

Berbeda dengan De Rossi, mantan gelandang Juventus Andrea Pirlo begitu pesimis negaranya bisa mengatasi Swedia di laga leg kedua ini. "Bakal sangat sulit bagi Ventura menemukan kata-kata yang tepat di hadapan para pemainnya. Dua hari ke depan bakal menjadi hari yang sangat berat, penuh tekanan, dan pelatih harus memikirkan para pemain yang benar-benar siap dimainkan," kata Pirlo dilansir Skysports.com (12/11/2017).

Italia di Piala Dunia 2006 (Foto Skysports.com)
Italia di Piala Dunia 2006 (Foto Skysports.com)

Jangan remehkan kemenangan 1-0 Swedia pada leg pertama Jumat pekan lalu di Stockholm. Jika tidak waspada bisa jadi skuat arahan Gian Piero Ventura itu berada di ambang kegagalan ke Piala Dunia 2018. Namun jangan khawatir kali ini Ventura akan memiliki pilihan pemain yang lebih baik. Simone Zaza sudah pulih dari cedera lutut yang membuatnya absen dari pertandingan hari Jumat lalu, sementara Andrea Belotti juga berada dalam kondisi yang lebih baik dan sudah siap untuk diturunkan.

Sementara itu trio 'BBC' Leonardo Bonucci, Andrea Barzagli dan Giorgio Chiellini akan berjuang mempertahankan setiap jengkal daerahnya bersama  dengan kiper Italia Gianluigi Buffon. Seorang pemain lain yang nanti menjadi pembeda adalah Daniele De Rossi. Belum lagi memperhitungkan full-back yang bermain di Manchester United, Matteo Darmian adalah pemain Azzurri yang menonjol pada hari Jumat lalu pada leg pertama dan di San Siro performanya mungkin harus tetap dipertahankan.

Andrea Belotti (Foto Skysports.com)
Andrea Belotti (Foto Skysports.com)

Italia harus memenangkan laga ini dengan selisih dua gol sedangkan Swedia cukup menahan imbang tuan rumah atau kalah dengan selisih 1 gol dengan catatan Swedia mencetak gol tandang.

Jika gagal tampil di Piala Dunia 2018, maka hal ini merupakan yang pertama kali bagi Italia dalam kurun 60 tahun terakhir. Italia terakhir kali gagal berkiprah di Piala Dunia 1958 Swedia.  Akankah saat ini Swedia yang akan kembali menggagalkan Azzuri lolos ke Piala Dunia 2018?

Mari kita nikmati saja duel mereka pada leg kedua di Sansiro Milan dini hari nanti.

#hensa13112017