Mohon tunggu...
Henri Satria Anugrah
Henri Satria Anugrah Mohon Tunggu... Blogger di pikirulang.id

Sarjana Psikologi (S.Psi), Universitas Gadjah Mada. Saat ini, bekerja sebagai Chief Marketing Officer di PT Amira Heksa Internasional (amiraheksa.com)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien, Rahasia Orang Pintar yang Tidak Dibagikan kepada Umum

28 September 2019   22:24 Diperbarui: 28 September 2019   22:43 466 7 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cara Belajar Paling Efektif dan Efisien, Rahasia Orang Pintar yang Tidak Dibagikan kepada Umum
mediaguru.id

Sekilas, judul artikel ini sangatlah luar biasa, seperti judul buku yang sudah pasti populer sepanjang zaman. Ya, judulnya memang clickbait. Tetapi clickbaitnya bukan omong kosong. Tulisan ini berasal dari keresahan saya pada pelajar-pelajar  di Indonesia.

Tidak terbatas pada pelajar formal (siswa/mahasiswa), pelajar nonformal (pembaca Kompasiana, penonton Youtube, dll) pun sering mengalami hal yang sama. Artikel ini sangatlah singkat, tidak sampai 600 kata, tetapi dapat mengubah hidup Anda selamanya.

Setiap orang memiliki hobi yang berasal dari renjananya (renjana ialah bahasa Indonesia dari passion). Untuk menjadi ahli di bidangnya, seseorang harus melakukan kegiatan yang melelahkan dan penuh usaha, yaitu belajar. Tidak ada jalan lain.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, belajar dapat dilakukan dengan sangat mudah oleh siapapun. Tidak perlu sesulit menonton video di Youtube, membaca artikel di internet, atau mendownload e-book atau buku, bahkan membaca postingan dari orang lain di media sosial pun dapat disebut belajar (tentu, jika isi dari postingan itu berbobot).

Menjadi pintar merupakan impian bagi semua orang, tanpa kecuali (memangnya ada yang tidak mau jadi orang pintar?). Akan tetapi, banyak orang yang malas (bukan tidak mau) untuk belajar karena menilai akan menghabiskan banyak waktu. Padahal, waktu yang seharusnya dihabiskan tidaklah sebanyak itu, jika mengetahui teknik belajar yang tepat.

Cobalah tengok di luar sana, ada banyak sekali orang-orang pintar yang masih muda, misalnya orang terpintar pada masa sekolah/kuliahmu. Jika ditanyai "bagaimana tips menjadi pintar?", mereka tidak pernah memberikan jawaban yang memuaskan. Bukannya tidak tahu, tetapi tidak sadar.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengungkap rahasia menjadi pintar dari mereka secara eksplisit, yang tidak diketahui banyak orang.

Pernahkah kamu merasa sudah banyak belajar, tetapi tidak kunjung menjadi pintar? Sedangkan dia yang sedikit belajar, malah cepat menjadi pintar? Sadarkah kamu apa yang membedakanmu dengan dia? Yang membedakanmu dengan dia sangatlah simpel, bahkan dapat dijelaskan dalam satu kalimat.

Akan tetapi, maknanya sangat dalam dan dapat mengubah hidup Anda selamanya. Orang-orang pintar belajar dengan prinsip: "Makna dari suatu kata lebih penting daripada kata-kata itu sendiri" Satu kalimat sederhana yang sering tidak diketahui banyak orang.

Dalam belajar melalui media apapun (tulis, video, dan gambar), orang pintar berusaha memahami konsepnya, bukan mengingat kata per kata atau detail per detail. Mereka tidak sibuk menghapal seperti pelajar pada umumnya.

Mereka berusaha memuaskan akalnya dengan cara memahami, bukan sekadar mengingat suatu materi pembelajaran. Bagi mereka, memahami suatu ilmu bagaikan orgasme dalam otak.

Lantas, kamu pun bertanya "bagaimana caranya memahami suatu materi pembelajaran?" Bahkan mungkin di antara kamu ada yang berprasangka "Nah, Itulah perbedaan dasar antara aku dengan dia! Dia bisa memahami suatu materi dengan cepat karena memang sudah cerdas dari lahir!".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN