Mohon tunggu...
Henri Satria Anugrah
Henri Satria Anugrah Mohon Tunggu... Blogger di pikirulang.id

Penulis Psikologi dan Isu Sosial

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Mengapa Manusia Selingkuh? Sebuah Penjelasan Psikologis

14 September 2019   07:57 Diperbarui: 14 September 2019   15:56 0 2 0 Mohon Tunggu...
Mengapa Manusia Selingkuh? Sebuah Penjelasan Psikologis
Hierarki Kebutuhan Maslow/medium.com

Pernahkah kamu merasa bingung karena mencintai dua orang atau lebih? Pernahkah kamu menjadi korban perselingkuhan? Jika menjadi "pelaku", mungkin kamu akan merasa bingung dan merasa bersalah. Jika menjadi "korban", mungkin kamu akan merasa kesal, marah, dan kecewa. 

Di tengah kebingungan, mungkin kamu akan berpikir "Bagaimana bisa kita mencintai lebih dari satu orang?" "Bukankah cinta sejati hanya terdiri dari satu orang?" "Apakah cintaku kepadanya berarti tidak sejati?". Akhirnya, kamu akan sampai ke pertanyaan "Adakah penjelasan dari perasaan saya secara ilmu pengetahuan?"

Secara psikologis, manusia memiliki kebutuhan untuk mencintai dan memiliki seseorang. Dalam teori Hierarki Kebutuhan dari Abraham Maslow, kebutuhan untuk mencintai berada di tingkat ketiga dan lima kebutuhan yang ada. 

Menurut Maslow, secara alamiah, setiap orang akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara bertingkat agar mampu mengeluarkan potensi maksimal yang ada pada dirinya. Tanpa terpenuhinya salah satu kebutuhan, manusia akan kesulitan untuk mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya secara optimal.

Jika dikaji lebih lanjut, ada lima kebutuhan yang manusia cari dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Lima kebutuhan ini akan membentuk jenis kedekatan yang terjalin antara dua orang. Oleh karena itu, maka tersusunlah lima jenis kedekatan yang terjadi antar pasangan. Berikut ialah lima jenis kedekatan tersebut:

1. Kedekatan Fisik (Physical Intimacy)

Kedekatan fisik ialah jenis kedekatan yang terjalin antara dua orang melalui sentuhan fisik. Sentuhan fisik yang dimaksud dapat berupa pegangan tangan, pelukan, ciuman, dan seks. Apabila hubungan terjalin pada dua manusia yang berbeda jenis kelamin, maka kepuasan seksual termasuk dalam kebutuhan fisik.

2. Kedekatan Emosional (Emotional Intimacy)

Kedekatan emosional adalah kedekatan yang terjalin antar dua orang karena merasa saling memahami kondisi yang sedang dirasakan. Kedekatan emosional dapat terbentuk dari interaksi yang penuh pengertian dan obrolan yang penuh makna (sesuai dengan apa yang lawan bicara pikirkan dan rasakan). 

3. Kedekatan Spiritual (Spiritual Intimacy)

Kedekatan spiritual adalah kedekatan yang terjalin antar dua orang karena memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana Tuhan mengatur kehidupan. Kesamaan agama tidak menjamin tingginya kedekatan spiritual secara mutlak karena orang yang beragama sama dapat memiliki pemahaman yang berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x