Mohon tunggu...
Henny KristantoSetiawan
Henny KristantoSetiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa HI Unpar angkatan 2020.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Manfaat Program Gladi Hominisasi UNPAR

16 Mei 2022   21:43 Diperbarui: 19 Mei 2022   10:28 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Proses gladi hominisasi dimulai dengan mengerjakan tugas pra-gladi, dimana para peserta harus menghayati lagu Indonesia Raya 3 stanza, kemudian menuliskan refleksi terkait terkait lagu tersebut, seperti bagian syair yang menarik dan hubungannya dengan generasi muda saat ini. 

Pada hari gladi hominisasi dilaksanakan, Sabtu 14 April 2022, peserta disambut dengan dosen pendamping yang membantu mengarahkan mahasiswa untuk berdinamika dalam kelompok dengan berbagai topik menarik, mulai dari keberagaman, bahasa daerah dan hari-hari penting di Indonesia yang diperingati sebagai warga negara.

Selama mengikuti gladi hominisasi, saya mempelajari dan menyadari isu yang dibawakan oleh kelompok saya, yaitu keberagaman. Dalam proses dinamika bersama kelompok, kami mendiskusikan hal-hal paling krusial terkait isu keberagaman. Tidak hanya belajar soal substansi keberagaman, proses diskusi juga melatih saya untuk berpikir secara kritis dan cepat dengan waktu yang terbatas untuk bekerja sama membuat presentasi bersama kelompok.

Setelah mengikuti gladi hominisasi, menurut saya perlu menggunakan logika dan kemampuan bahasa sebagai warga negara. Hal ini karena logika digunakan untuk menelaah kebenaran dibalik suatu informasi sehingga tidak mudah terpengaruh berita bohong / hoax, sedangkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik diperlukan dalam dunia profesional. Hal ini karena Indonesia memiliki banyak bahasa daerah, namun semua warga negara bersatu dalam menggunakan bahasa Indonesia.

Manfaat yang saya dapatkan dari mengikuti kegiatan hominisasi adalah menjadi lebih sadar dengan isu-isu yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni tidak hanya isu yang dibawakan oleh kelompok saya saja yaitu keberagaman, namun juga isu-isu yang dibawakan oleh kelompok lainnya seperti penggunaan bahasa daerah.

Selain itu pengarahan yang diberikan dosen-dosen pendamping juga berguna tidak hanya untuk kehidupan saya sebagai mahasiswa, namun juga kehidupan sebagai warga negara Indonesia.

Kemampuan secara singkat yang saya pelajari dalam hominisasi adalah kemampuan mengambil keputusan secara cepat dalam waktu terbatas, dan kemampuan untuk memahami karakter setiap orang dalam kelompok agar tercapainya tujuan bersama, yakni dalam gladi adalah presentasi. 

Hal ini sangat membantu terutama karena saya berkuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yang mengharuskan saya sering berinteraksi dan bekerja dalam kelompok. Selanjutnya dengan berbekal kemampuan ini, saya akan terus meningkatkan kemampuan untuk berpikir dan berbahasa sebagai warga negara dengan lebih banyak membaca, sehingga menambah pengetahuan dan wawasan yang akan meningkatkan kemampuan berpikir.

#unpar #geladihominisasi #universitaskatolikparahyangan #ppilph #lifeatunpar

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun